Skip to main content

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Yang Benar

Menghadirkan Kolam minimalis maupun Kolam ikan koi saat ini disukai seluruh keluarga karena banyaknya manfaat yang ditawarkannya. Dalam kasus air keruh, ganggang, lumut hijau adalah situasi yang tidak dapat dihindari. Banyak pemilik rumah tidak tahu bagaimana mengatasi atau mengatasinya secara menyeluruh, yang menyebabkan banyak konsekuensi yang tidak terduga. Lantas, bagaimana caranya agar air kolam bersih, jernih dan sehat?

Jasa tukang taman surabaya tianggadha art

Bagaimana Cara Membuat Kolam Ikan Koi Yang Benar


Dalam pembuatan kolam ikan koi tentu banyak hal saling berhubungan agar bisa menghasilkan air kolam yang berkualitas bagus sehingga ikan koi bisa hidup dan berkembang biak dengan baik. Berikut adalah beberapa saran dari Tianggadha Art Tukang Taman Surabaya untuk hal yang mungkin perlu Anda ketahui, Mari cari tahu sekarang.

Pentingnya pekerjaan instalasi air kolam ikan koi luar ruangan

Air merupakan lingkungan tempat ikan hias terutama ikan koi hidup dan berkembang. Jika kualitas air bagus, ikan akan sehat, bertambah besar. Pada saat yang sama, jika kolam bersih, akan lebih nyaman untuk melihat dan mengamati ikan yang sedang berenang. Menurut banyak penelitian medis, orang dapat menghilangkan stres saat menikmati suasana di alam, mengamati kolam dengan melihat ikan berenang.

Sebaliknya jika kolam keruh, lumut hijau, dengan kecambah ganggang, tentunya akan menjadi kondisi yang buruk bagi kolam terutama ikan koi . Air di kolam luar ruangan  dijamin akan kehilangan estetika. Pada saat yang sama, kawanan ikan lebih rentan terserang penyakit dan lebih cepat mati. Ini adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh pemilik rumah. Oleh karena itu, perlu diketahui alasan pembuatan rencana dan metode yang paling efektif pada air kolam  outdoor.

Alasan air kolam ikan koi luar ruangan keruh dan berlumut hijau.

Jika Anda memelihara atau berencana memelihara ikan koi terutama di luar ruangan, pastikan untuk memahami penyebab air keruh, pertumbuhan lumut hijau. Mari kita lihat apakah Anda telah membuat kesalahan serius di antara masalah yang akan kita bahas segera.

Buatlah sistem penyaringan air atau pengoperasian filter air kolam secara efisien

Sistem penyaringan air kolam adalah yang paling penting dan menjadi perhatian pertama. Kolam minimalis ikan koi luar ruangan yang ingin bersih tidak dapat memiliki sistem penyaringan yang asal asalan. Tanpa perangkat ini, itu akan menjadi kesalahan yang sangat serius.
Jika ada sistem filtrasi tetapi air di kolam masih belum jernih, hal itu mungkin disebabkan:

- Menggunakan peralatan dan bahan yang kualitasnya tidak memuaskan atau spesifikasi yang salah
- Peralatan tidak beroperasi dengan kapasitas penuh
- Proses instalasi sistem tidak sesuai standar

Kepadatan budidaya ikan terlalu padat.

Pemilik kolam baru dan yang belum berpengalaman sering menginginkan berbagai macam ikan dengan warna di kolam. Mereka seringkali memiliki kebiasaan memelihara ikan dalam jumlah yang banyak. Ini bukanlah hal yang baik. Kepadatan ikan yang dipelihara di dalam kolam terlalu banyak sehingga menyebabkan ikan tidak tumbuh dengan baik. Ikan yang lebih lemah yang tidak dapat bersaing untuk mendapatkan makanan dapat menjadi lebih kurus dan lebih parah dalam kasus ekstrim dapat membunuh ikan tersebut.

Limbah dari ikan tidak bisa sepenuhnya diolah filter.

Sebagian alasannya adalah karena banyaknya ikan yang dibudidayakan. Limbah yang dihasilkan juga melebihi kapasitas pembersihan sistem filtrasi. Kotoran ikan mengandung zat seperti urine, feses, lendir Bila tidak ditangani tepat waktu maka akan menimbulkan akibat yang serius bagi kesehatan ikan dan ekosistem di dalam kolam.

Kasus kedua yang dapat menyebabkan situasi ini adalah dasar kolam membuat kemiringan yang tidak tepat. Dasar kolam koi harus selalu memiliki kemiringan tertentu, terutama kolam ikan koi luar ruangan. Ini membuat pengumpulan dan pembersihan sampah lebih mudah bila kemiringan lebih dari 20 derajat.

Endapan makanan yang tidak termakan membuat air kolam menjadi tidak jernih.

Memberi makan ikan secara berlebihan pada waktu yang salah akan mencegah sejumlah makanan dikonsumsi. Diperkirakan hanya sekitar 60-70% makanan yang akan diserap oleh ikan. Sisanya secara bertahap akan mengendap di dasar danau, menyebabkan pencemaran air dan berfungsi sebagai sumber makanan bagi pertumbuhan alga dan lumut.

Tubuh hewan dan tumbuhan jatuh dan mengendap di dasar kolam

Menanam pohon dan membuat lanskap di sekitar kolam luar ruangan membuat pemandangan tersebut semakin indah. Tetapi pada saat yang sama daun, tumbuhan dan ranting kering bisa jatuh ke dalam kolam. Pembusukannya menghasilkan lumpur, sedimen di dasar danau atau tersuspensi di dalam air. Ini juga merupakan kondisi yang baik bagi bakteri berbahaya, hewan parasit, atau ganggang untuk berkembang biak.

Kolam bocor atau air masuk dari luar.

Ini juga merupakan kesalahan yang cukup serius selama pembuatan kolam luar ruangan yang tidak dijamin akan ditinggalkan. Beberapa alasan paling umum adalah:

- Desain salah atau konstruksi dasar kurang kuat.
- Pekerja memiliki keterampilan yang lemah dan ceroboh.
- Kolam tidak kedap air atau kedap air dengan cara yang salah.
Jika ini terjadi, tim pembuat kolam yang tidak profesional, mereka akan menemukan cara untuk menyangkal bukan kesalahannya dan bila dilanjutkan pekerjaan memperbaikinya akan sangat sulit.

Kolam terlalu banyak terkena sinar matahari.

Cahaya dapat dianggap sebagai sumber nutrisi bagi tumbuh-tumbuhan, termasuk lumut dan alga. Kelebihan cahaya juga akan menjadi kondisi lumut dan alga mudah berfotosintesis dan tumbuh lebih cepat. Dari situ kolam akan keruh, airnya hijau kehijauan.

Tianggadha Tukang Taman Surabaya

Cara Membuat kolam Ikan Koi luar ruangan yang aman dan efektif.


Metode melakukannya di air akan bergantung pada banyak faktor berbeda. Ada 4 Hal Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi yang harus diperhatikan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu secara pasti apa yang menyebabkan air di kolam menjadi keruh, hijau lumut, dan tidak bersih. Dari sana dimungkinkan untuk menghasilkan solusi yang sesuai dan efektif. Berdasarkan pengalaman kami sebagai Tukang Kolam Minimalis Dan Kolam Ikan Koi yang diuraikan di atas, Tianggadha Art telah merangkum 12 praktik air kolam luar ruangan yang paling populer.

1. Gunakan sistem penyaringan air standar untuk dilakukan di air kolam.

Pentingnya sistem filter, Anda pasti tahu. Sistem filter yang memenuhi syarat akan melakukan tugas-tugas berikut:

- Berperan penting dalam kebersihan dan kualitas air di kolam.
- Ciptakan arus kecil di kolam untuk membentuk daerah konveksi kecil bagi ikan untuk berenang.
- Menyerap dan menghilangkan organisme, lumut, dan alga di dasar danau, permukaan air dan dinding kolam di sekitarnya.
- Menghilangkan sisa kotoran ikan atau sisa makanan.
- Memperbaiki lingkungan air, menghemat waktu dan biaya untuk mengganti air kolam secara manual.

2. Sesuaikan jumlah makanan, beri makan ikan dengan jumlah yang pas.

Ikan koi hanya memiliki waktu makan beberapa menit dan dapat dibagi menjadi beberapa kali sehari. Pengalaman dalam memberi makan ikan koi yang efektif adalah memberi makan sedikit demi sedikit dan mengamati respons ikan terhadap makanan. Saat ikan selesai, beri makan di lain waktu.

Pada saat yang sama, ikan akuarium harus terkonsentrasi di sudut kolam, tidak tersebar di seluruh area kolam sehingga membuat air keruh. Ketika Anda melihat ikan menunjukkan ketidakpedulian terhadap makanan atau menyimpan makanan di dalam mulut dan kemudian memuntahkannya, Anda harus berhenti memberi makan ikan, karena ikan makan sudah cukup sekarang.

Ikan harus makan 2 kali sehari dan makan dengan jumlah yang cukup untuk makan semuanya dalam waktu 2 sampai 5 menit. Waktu terbaik untuk memberi makan ikan koi adalah pagi hari dan sore hari yang sejuk. Yang terbaik adalah memberi makan ikan pada waktu tertentu untuk menghindari pemberian makan ikan secara tidak menentu.

tukang taman surabaya tianggadha

3. Tanam lebih banyak tanaman untuk menyaring air di kolam ikan koi luar ruangan.

Tanaman tidak hanya menambah warna sekitar kolam Anda. Ini juga menciptakan landscape, taman bermain, dan lingkungan paling alami untuk ikan. Selain itu, beberapa jenis tanaman air seperti mutiara, rumput serai, tanaman tulang ikan, rumput laut, krisan air mudah tumbuh dan memiliki efek yang sangat baik. Mereka dapat membantu: menghilangkan nitrat dari air, meningkatkan kualitas air dengan lebih baik. Sekaligus, ini juga merupakan cara untuk menghambat pertumbuhan algae, moss yang menjadi penyebab air kolam keruh.

4. Jaga kebersihan ikan untuk membersihkan lumut di kolam.

Ada banyak jenis ikan pembersih dan disimpan untuk menghilangkan lumut di kolam ikan koi luar ruangan. Dalam arti tertentu, tangki pembersih air kolam seperti filter air hidup. Mereka hidup terutama di lapisan air bawah, dari mikroorganisme hingga alga di permukaan batu, dinding kolam dan tanaman air adalah makanan mereka.

Pembersih akuarium adalah omnivora, jadi mereka tidak bersaing untuk mendapatkan makanan dengan ikan akuarium lain yang dipelihara di dalam akuarium. Namun, ini juga ikan yang berkembang biak dan berkembang biak dengan sangat baik. Bergantung pada luas permukaan dasar, volume air, jumlah ikan yang tepat untuk membersihkan tangki.

5. Ubah air kolam ikan koi luar ruangan menjadi sumber air yang lebih bersih.

Para ahli dan penggemar ikan koi berpengalaman mengatakan bahwa penggantian air di kolam luar ruangan perlu dilakukan secara berkala. Tujuan penggantian air adalah untuk mengencerkan kotoran dan menjernihkan air kolam. Selain itu, kuman dan bakteri alga juga dapat mengikuti air yang lama dan dibuang. Dengan cara ini Anda akan memiliki air kolam bersih yang akan menghindari beberapa penyakit pada ikan koi peliharaan.

6. Periksa dan rawat kolam ikan koi secara berkala.

Mirip dengan mengganti air untuk kolam yang lebih bersih, peralatan sistem harus diperiksa dan dipelihara secara mingguan dan bulanan. Pekerjaan tersebut meliputi:

- Mengenai pompa air, setiap hari kami harus menyuplai air baru untuk operasi luapan terus menerus kurang dari 10% dari kapasitas filter
- Pastikan untuk tidak membuang sampah, zat organik, bahan kimia beracun ke dalam kolam. Periksa dan singkirkan daun secara teratur dari tanaman terapung atau terapung di dalam filter.
- Setiap minggu, residu harus dibuang di kompartemen pertama sistem filter. Lanjutkan membuang residu dengan membuka katup pembersih kerak selama sekitar 3-5 menit tergantung pada volume tangki.
- Setelah 2 bulan, pompa harus diperiksa dan dibersihkan untuk memastikan tidak terhalang oleh sampah atau penghalang lainnya.

7. Bersihkan dengan benar sistem penyaringan air kolam ikan koi luar ruangan.

Periksa sistem filtrasi dengan hati-hati, bersihkan dengan benar. Karena sistem filter eksternal menyaring kotoran, terdapat juga mikroorganisme yang menguntungkan. Oleh karena itu, sistem filter sebaiknya tidak dibersihkan secara menyeluruh, cukup buang residu dan simpan filter utama.
Pada saat yang sama, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan dan mengganti perangkat jika tidak lagi berfungsi. Terutama isi filter, seperti wol, jika terlalu kotor, harus dilepas untuk menghindari perlindungan dari bakteri berbahaya.

8. Memupuk mikroflora yang bermanfaat untuk dilakukan di air kolam outdoor.

 Mikrobiota penting untuk akuarium luar ruangan. Mereka makan dan melakukan metabolisme di dalam air. Mikroorganisme dibagi menjadi 2 jenis: autotrof (Kemoautotrofik - sumber makanan adalah pengotor anorganik) dan heterotrofik (Heterotrofik - sumber makanan adalah pengotor organik).
Mikrobiota yang berkembang dengan baik ini akan memastikan kualitas air yang lebih baik. 

Mereka membantu menyaring air, menghilangkan bau amis, dan bau tak sedap di dalam air. Pada saat yang sama juga dapat menghilangkan beberapa zat berbahaya, lumut, alga di dalam air. Namun, sangat sedikit mikroorganisme yang hidup di air. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan media yang memungkinkannya dipasang. Secara khusus, seperti batu, bio ball, jatmap dan busa.

9. Gunakan sinar UV untuk membunuh bakteri dan kuman alga.

Cara kerjanya dan cara memasang lampu UV dengan benar:
- Sinar UV akan membunuh sebagian besar bakteri di area dengan panjang gelombang 280-200 mm. Jenis sinar ini bekerja kuat pada Nucleo Protein untuk membantu membunuh bakteri di dalam air. Selain itu, berkat efek sinar UV, udara akan menghasilkan lebih banyak ozon, meningkatkan kemampuan memanaskan bakteri lebih cepat.
- Orang dapat menjatuhkan lampu UV langsung ke danau atau meletakkannya di kompartemen pengendapan dalam sistem penyaringan untuk meningkatkan efisiensi penyaringan air.

10. Gunakan probiotik untuk membuat air untuk akuarium luar ruangan.

Beberapa jenis probiotik yang digunakan dalam budidaya ikan ikan koi adalah: Bionaqua, Extrabio, Emina dan Emzeo Ini adalah probiotik yang dipelajari dan dibudidayakan di laboratorium. Produk ini sangat aman dan tidak membahayakan ikan. Kegunaan utama terdaftar sebagai:

✅ Mengurangi bau, membusuk bahan organik
✅ Membersihkan air kolam ikan - lakukan di dalam air
✅ Mengobati air dalam kolam yang keruh
✅ Menghambat dan menghancurkan lumut, alga dan mikroorganisme patogen
✅ Mencegah penyakit jamur pada ikan koi dalam kolam.
✅ Memberikan nutrisi untuk tanaman air
✅ Mengurangi racun: NH3, H2S ...
✅ Meningkatkan oksigen, meningkatkan metabolisme ikan

Probiotik bekerja paling baik di kolam yang baru dibangun atau di ruang filter yang baru saja di isi air. Dalam kolam sering kali memiliki mikrobiota yang belum berkembang, sehingga konsentrasi zat beracun di dalam air mungkin lebih tinggi dari yang diperbolehkan. Tergantung jenis probiotik yang digunakan dalam dosis berbeda. Namun, efeknya akan terlihat setelah digunakan hanya beberapa jam.

11. Lindungi kolam ikan koi dari sinar matahari dengan atap.

Cara ini bertujuan untuk mengurangi jumlah cahaya yang jatuh langsung ke dalam kolam ikan koi. Juga mencegah daun jatuh ke danau dan jaga suhu air pada tingkat yang stabil. Tergantung pada ruang dan kondisi, pemilik rumah dapat menggunakan berbagai jenis atap.
Yang paling sederhana adalah dengan menggunakan kerai atau semacam terpal. Pendekatan ini memiliki kenyamanan tinggi, harga murah, tetapi estetika buruk.
Cara yang lebih baik tetapi lebih mahal, untuk meningkatkan estetika adalah dengan menggunakan atap portabel atau tetap yang terbuat dari plastik yang memancarkan cahaya.

12. Perawatan retakan dan waterproofing untuk kolam yang berkualitas.

Masalah retakan atau permeabilitas air tidak begitu umum, tetapi ini sangat serius. Pemilik rumah perlu melihat unit yang memiliki reputasi baik untuk menilai tingkat kerusakan dan dampak dari insiden yang ditimbulkan. Jika masalah bisa diperbaiki, maka harus diselesaikan secepat mungkin.
Kami Tianggadha Art Tukang Taman Surabaya selalu menyarankan pemilik rumah untuk menggunakan cat tahan air hitam sebagai pengganti ubin atau cat cerah. Karena ini membatasi pertumbuhan lumut dan alga, dan membantu menonjolkan warna ikan di kolam.

Tukang taman surabaya tianggadha

Perhatikan selama pembuatan kolam ikan koi di luar ruangan


Berdasarkan pengalaman dan info bagaimana cara pembuatan kolam ikan koi luar ruangan, Anda pasti memiliki banyak pengetahuan untuk diri Anda sendiri. Namun, beberapa catatan berikut juga akan menjadi saran yang tidak boleh Anda abaikan.
  • Membudidayakan ikan dengan kepadatan yang sesuai dan memperhatikan perkembangan kemampuan pembiakan ikan pada setiap periode. Ini untuk menciptakan ruang yang nyaman bagi ikan untuk hidup dan menyediakan makanan yang cukup, menghindari pemborosan dan kelebihan.
  • Anda harus menghindari mengganti air kolam beberapa kali dalam waktu singkat (1-2 minggu). Karena ikan juga membutuhkan habitat yang stabil dan beradaptasi dengan lingkungan tersebut untuk mempertahankan hidupnya. 
  • Menggunakan peralatan unit standar, teruji dan terkemuka di pasaran saat ini.
  • Jangan membersihkan filter pada hari yang sama dengan membersihkan tangki penggantian air. Hal ini dapat dengan mudah mengarah pada pembersihan bahkan mikroorganisme yang menguntungkan di dalam kolam.

Ringkasan cara pembuatan kolam ikan koi luar ruangan

Informasi yang kami berikan Tianggadha Art secara lengkap dan detail kepada pembaca sebagai Jasa Tukang Kolam Ikan Koi Surabaya adalah pengalaman yang kami sintesiskan selama proses konstruksi sebenarnya. Kami selalu berusaha untuk berinovasi, menciptakan dan menemukan solusi terbaik untuk desain lansekap dan konstruksi taman.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan saran tentang lanskap, taman, atau item lanskap, Anda dapat langsung menghubungi Jasa Tukang Taman di Hotline 081232873316. Selain itu, kami terus memperbarui informasi yang berguna di situs tianggadha.com. Segera hubungi kami dan dapatkan hasil pekerjaan yang sesuai dengan harapan Anda.
nomor kontak tianggadha
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Lokasi Tianggadha Art