4 Hal Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi


4 Hal Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi

Kolam sangat mempengaruhi kualitas visual maupun keindahan ikan koi. Karena keindahan ikan koi merupakan pusat utama dari keseluruhan komposisi. Kolam untuk ikan koi yang baik dipertimbangkan atas beberapa hal antara lain kedalaman kolam, warna dinding, lokasi kolam dan beberapa hal lainya. Berikut ini akan kita kupas 4 Hal Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi sebagai syarat membuat kolam ikan koi yang baik.

TUKANG KOLAM IKAN KOI

1 - Pemilihan lokasi kolam



Untuk letak sebisa mungkin pilih lokasi yang tepat, seperti antar lain tidak berdekatan dengan pepohonan yang memiliki daun mudah gugur, karena akan berpengaruh terhadap intensitas pembersihan kolam. Pemilihan tanaman disekitar kolam juga harus diperhatikan untuk alasan yang sama. Kolam juga jangan dibawah teritisan, karena nantinya akan mempengaruhi keasaman air kolam yang akan berpengaruh pada kesehatan ikan koi.

2 - Kedalaman Kolam ikan koi


Kedalaman kolam sebaiknya diperhitungkan antar satu hingga dua meter untuk menghasilkan mutu ikan koi yang baik. Kolam yang terlalu dangkal memang akan nampak indah secara visual karena mudah terlihat punggung ikan koi yang terlihat dengan jelas, namun karena kedalaman yang kurang dapat membuat ikan koi menjadi sakit karena adanya perbedaan temperatur yang drastis antara siang dan malam hari.
Selain itu kolam yang dangkal akan dapat membuat warna ikan koi menjadi cepat pudar. Ikan koi yang dibesarkan pada kolam yang dangkal biasanya tidak dapat tubuh secara maksimal, sehingga kolam harus dapat mewadahi aktivitas ikan koi untuk berenang secara vertikal.

3 - Warna Dinding Kolam


Untuk lebih bisa menampilkan keindahan ikan koi sebaiknya dipergunakan warna gelap atau ditambahkan batuan. Selain itu akan mengurangi kesempatan tumbuhnya lumut atau ganggang karena jenis lumut sulit tumbuh ditempat berwarna gelap, kalaupun tumbuh maka tidak terlalu tampak. Pengecatan dinding kolam juga akan menghindari kontak langsung antara semen dan air kolam, hal ini penting karena semen dapat membuat pH air menjadi tinggi.


4 - Filter dan Pemipaan


Hal terakhir dan sangat krusial adalah masalah filter!, Ya, sebagai sarana untuk sirkulasi salah satunya adalah filter. Kenapa filter sangat krusial dan penting dalam membuat kolam ikan koi? Filter adalah sebagai wadah untuk menjadikan air kolam tetap menjadi bersih, tempat pompa, tempat penampungan kotoran ikan koi dan sisa makanan yang dikonsumsi ikan koi. Filter sendiri kalau diperuntukkan buat ikan koi minimal harus empat sekatan atau lebih yang kedalamannya melebihi kedalaman kolam koi.


Untuk Pemipaan atau sanitasi difungsikan sebagai semburan di kolam koi, karena dengan banyak gelombang atau pergerakan air kolam dimungkinkan banyak oksigen yang ada di kolam untuk dihirup ikan koi  tersebut. Selain itu untuk pembuangan kotoran di filter serta untuk sirkulasi air kolam koi bila ditambahkan waterfall/waterwall sebagai sarana mempercantik tampilan kolam ikan koi.

Demikian artikel ini kami sajikan untuk anda, bagaimanapun setelah sekian lama kolam ikan koi masih saja diminati keberadaannya dalam hunian tempat tinggal. Harmoni warna warni pada ikan koi berpadu dengan suara alami gemericik air memberikan kesejukan dalam ruangan. Untuk itu bila anda ingin menghadirkan kolam ikan koi dirumah segera hubungi Tianggadha-Art Tukang Taman Surabaya yang menyediakan jasa pembuatan kolam ikan koi yang berpengalaman.

Artikel Terkait