Skip to main content

Tukang Kolam Minimalis Dan Kolam Ikan Koi

Anda yang berdomisili di Surabaya bingung mencari Tukang Kolam Minimalis Surabaya Dan Tukang Kolam Kolam Ikan Koi Di Surabaya? Nah!!!  Untuk saat ini Anda yang berdomisili di Surabaya tidak perlu bingung lagi Sebab Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art hadir untuk mengatasi masalah Anda yang sedang mencari Jasa Tukang Kolam Minimalis Surabaya baik itu yang berada di Surabaya Pusat, Surabaya Selatan, Surabaya Barat, Surabaya Utara dan Surabaya Timur, jika mencari Tukang Kolam Ikan Koi pastikan kami Tianggadha Art sebagai Jasa Tukang Taman Surabaya terbaik untuk pilihan utama Anda.
https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

Tianggadha Art jasa tukang kolam minimalis di Surabaya dan tukang kolam ikan koi minimalis Surabaya memiliki visi pekerjaan yang bertujuan untuk memberi pelayanan maksimal pada konsumen. Maksud dari pelayanan maksimal yang kami berikan bertujuan untuk memastikan bahwa setiap konsumen yang menggunakan jasa kami merasa puas dengan hasil kinerja kami, baik pelayanan maupun hasil.

Dengan perpaduan yang pas antara visual lewat kaca, Anda bisa menghadirkan sebuah kolam ikan minimalis yang lain daripada yang lain. Dengan melihat pola ikan dibalik kaca ini, acara menikmati tarian ikan di bawah air juga semakin mengasyikkan.

Nah Berikut Contoh Dan Model Desain Gambar Kolam Minimalis Kolam Koi Atau Desain Kolam Untuk Ikan Koi.
 
https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

Jasa tukang pembuatan kolam ikan koi desain kolam minimalis di depan rumah atau kolam kolam minimalis depan teras.
Duduk di depan teras rumah atau di belakang rumah, bersantai menikmati secangkir kopi, merasakan sejuknya hembusan udara bercampur mentari pagi, atau menikmati suasana sore menanti matahari terbenam mensyukuri keindahan serta hijaunya taman pada halaman rumah dan tentunya indahnya kolam ikan koi berwarna-warni.

Terbayang betapa indahnya? Hemmm...

Itulah sekilas gambaran indahnya memiliki kolam minimalis di depan rumah atau kolam minimalis belakang rumah.

BACA JUGA
Nah, bagaimana cara dan langkah-langkah membuat kolam ikan koi di depan rumah kita secara mudah, sederhana, dan menggunakan desain minimalis yang tidak memakan tempat? Berikut ini kita bahas dalam paparan yang kami upayakan selengkap mungkin. Semoga ini dapat membantu mempermudah bila Anda berkeinginan membuat kolam ikan minimalis yang cantik.
Desain Kolam Minimalis untuk Kolam ikan koi tentunya memiliki keistimewaan dan juga keunggulan dibandingkan dengan kolam ikan lainnya. Hal ini dikarenakan beberapa jenis ikan koi memang menjadi salah satu jenis ikan yang cukup istimewa bagi sebagian orang.
Untuk itu, sebagai Jasa Tukang Pembuatan Kolam Ikan Koi Surabaya dalam proses pembuatan kolam ikan koi minimalis diperlukan desain dan juga model khusus agar ikan peliharaan bisa hidup dengan nyaman di dalam kolam tersebut. Jika Anda saat ini sedang berencana untuk membuat kolam minimalis ikan koi, berikut kami sajikan desain kolam ikan koi minimalis yang bisa Anda jadikan referensi.



Ada beberapa Desain Kolam Ikan Koi Minimalis yang tentunya banyak diaplikasikan di beberapa perumahan. Selain memiliki desain yang cukup mudah, tentunya model kolam yang satu ini sangat mudah untuk Anda buat di rumah Anda terutama Kolam Minimalis Depan Rumah yang dikombinasikan dengan Kolam Minimalis Air Terjun.

Tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas untuk membangun Kolam Model Minimalis atau Kolam Mungil Minimalis. Apa lagi dengan model Kolam Minimalis Modern, Anda tentunya dapat menyesuaikan lahan yang tersedia untuk membuat kolam tersebut. Pada umumnya, model kolam minimalis ikan koi ini dibuat di depan rumah sehingga pemilik rumah mudah memperhatikan pergerakan ikan koi tersebut sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi Anda.

Bagi pecinta binatang air, memadukan taman minimalis dengan kolam pada lahan sempit memiliki tantangan tersendiri dalam menghasilkan desain kolam terbaik tentu menjadi hal utama yang wajib dilakukan. Tidak heran jika banyak orang memilih desain kolam ikan koi membuatnya semenarik mungkin. Saat ini desain kolam minimalis menjadi salah satu desain kolam yang banyak diminati oleh para pemilik rumah yang menyukai berbagai jenis ikan seperti ikan koi. Seperti yang kita tahu bahwa ikan koi masih menjadi jenis ikan primadona yang dipilih oleh banyak orang sebagai peliharaannya.

Jenis Ikan koi memang membutuhkan desain kolam yang sangat cantik dan juga menarik dengan filter khusus yang akan membuat ikan tersebut nyaman untuk hidup dan berkembang biak di dalamnya. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memilih desain kolam ikan koi yaitu dengan memperhatikan filter dan juga konsep kolam tersebut. Bagaimanapun juga, ikan koi membutuhkan kolam yang akan membuat mereka hidup dengan nyaman di dalamnya.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

UKURAN KOLAM MINIMALIS DAN KOLAM IKAN KOI 


Ukuran kolam bisa bervariasi tergantung lokasi. Ini menyesuaikan kondisi halaman rumah atau area yang akan Anda buat. Kolam bisa dibuat memanjang, melingkar, atau persegi, atau bentuk tidak beraturan sesuai dengan dekorasi yang Anda inginkan. Bila Anda menginginkan ukuran yang luas namun area yang ada tidak mendukung tentunya ada yang perlu dikorbankan untuk dibongkar.
Hanya saja, yang perlu diperhatikan dalam membentuk kolam minimalis untuk ikan koi, sebisa mungkin hindari terbentuknya daerah mati pada kolam. Yang saya maksud Daerah mati adalah daerah yang sulit mendapatkan aliran air saat air kolam digerakkan. Daerah mati misalnya di pojok-pojok kolam yang sudutnya 90 derajat. Jika terpaksa terbentuk, Anda bisa mengakali keadaan tersebut misalnya dengan membuatnya dengan tepian miring atau landai, atau meletakkan pancuran air atau juga dibuat semburan air di daerah-daerah mati tersebut.

LANTAI DASAR KOLAM MINIMALIS DAN KOLAM IKAN KOI.


Untuk lantai dasar kolam ikan koi, hendaknya dibuat sedikit miring di atas 25 derajat, Ini bertujuan memudahkan aliran air saat nanti dilakukan pengurasan, atau penggantian air bisa lebih cepat karena aliran air kolam terpusat pada titik pusat kemiringan. Di samping itu, dasar kolam ikan yang miring, menjadi tempat menampung kotoran ikan dapat berkumpul di suatu tempat tertentu. Tempat yang paling rendah. Sehingga memudahkan juga saat membersihkannya.

Yang perlu diperhatikan pada lantai dasar kolam, usahakan membuat dasar kolam ikan tidak ada permukaan yang kasar. Tujuannya adalah agar tidak terjadi gesekan yang melukai tubuh ikan koi ketika melakukan gerakan yang ekstrim. Permukaan dasar kolam yang tidak kasar, juga tidak berbahaya buat sang pemilik kolam saat membersihkannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada kolam koi adalah saluran pembuangan. Sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwa backwash (pencucian atau penggantian air kolam) adalah suatu hal yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ikan koi. Karena begitu pentingnya, dalam kolam koi minimalis modern yang lebih canggih lagi, penggantian air kolam dilakukan secara otomatis menggunakan sistem air mengalir. Maksudnya adalah lubang pengeluaran air, biasanya diletakkan di dasar kolam. Atau diletakkan di bagian paling dalam dari kolam agar air dapat keluar secara total.

Berikut Tianggadha Art Tukang Taman Surabaya sajikan desain kolam minimalis yang sudah kami buat berupa Video render yang bisa dinikmati secara visual.


KEDALAMAN DAN LUAS KOLAM IKAN KOI YANG BAIK

Kedalaman Kolam Ikan Koi

Meskipun ikan koi dipelihara untuk dinikmati keindahan punggungnya karena sisik sisiknya yang berkilau dan bisa beraneka warna, bukan berarti kolam dibuat dangkal agar ikan mudah terlihat. Kolam yang terlalu dangkal atau kurang dari 50 cm, tidak bagus untuk pertumbuhan ikan koi. Ikan tidak bisa besar secara maksimal. Dan dalam waktu yang lama, tubuh koi akan menjadi bengkok, sehingga berkuranglah keindahan ikan koi.

Alangkah lebih baiknya, kolam ikan koi dibuat lebih dalam. Untuk menyiasati agar ikan koi dapat tetap terlihat dan dinikmati, maka usahakan membuat air tetap bersih dan jernih, sehingga ikan koi tetap dapat terlihat. Minimal 80 cm untuk kedalaman kolam ikan koi. Lebih dalam lebih baik. Kurang lebih 1 meter sampai 2 meter adalah ukuran kedalaman yang baik.
Kolam Ikan Koi yang terlalu dangkal juga membuat kotoran ikan menjadi terlalu banyak. Kandungan amonia dalam kotoran ikan dalam jumlah banyak dapat membuat air menjadi tidak sehat, dan bersifat racun bagi ikan.

Bisa saja kolam ikan dibuat di atas permukaan tanah, misalnya dengan membuat tembok, tetapi akan lebih baik model kolam ikan koi adalah di bawah permukaan tanah. Dengan menggali tanah. Ini untuk lebih memaksimalkan jangkauan pandangan kita untuk menikmati bagian paling indah dari ikan koi, yaitu bagian punggungnya. Di samping itu lokasi di bawah tanah penting untuk menjaga suhu kolam lebih stabil. Sering kali perbedaan suhu antara siang dan malam begitu mencolok. Sehingga kedalaman kolam yang memadai dapat mengurangi efek perubahan suhu itu. Ini baik untuk ikan koi.

Ukuran Luas Kolam Ikan Koi


Sebenarnya, tidak ada patokan khusus untuk luas kolam ikan koi. Karena ukurannya menyesuaikan dengan lahan yang ada. Bila Anda menginginkan atau memelihara ikan koi secara banyak, tentunya Anda juga harus membuat kolam untuk ikan koi lebih luas.
Nantinya untuk jumlah ikan koi yang akan dimasukkan dalam kolam juga perlu diperhitungkan dan disesuaikan dengan ukuran kolam. Jadi secara ukuran membuat kolam minimalis untuk kolam ikan koi tidak ada yang baku sekedar menyesuaikan lokasi yang tersedia saja. Sebagai pertimbangan, Bisa juga di kombinasikan model kolam dengan batuan buatan seperti yang biasa Tianggadha Art jasa pembuatan tebing dekorasi kolam ikan koi

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

TEKNIS PENGERJAAN PEMBUATAN KOLAM


Pertama buatlah galian dengan ukuran dan bentuk seperti yang telah Anda tetapkan, pastikan ke dalam lebih 1 meter bila ingin membuat kolam ikan koi, namun bila hanya membuat kolam minimalis asri tidak perlu terlalu dalam. Setelah galian terbentuk, pasangkan tatanan batu bata dengan pasir dan semen yang telah disediakan. Atur posisinya sedemikian rupa sesuai desain yang direncanakan. Setelah selesai, lapisi dengan adonan semen yang telah disediakan. Usahakan adonan semen lebih banyak agar kolam tidak bocor. Jika perlu, gunakan pelapis khusus anti bocor atau waterproof yang secara khusus diperuntukkan untuk kolam.

Bagian dinding dan dasar kolam bisa dengan acian semen biasa namun Anda juga dapat menggunakan keramik mozaik. Tentu ini akan lebih indah dan baik seperti kolam renang minimalis cantik padahal penggunaannya untuk kolam ikan koi. Untuk membuat kolam ikan koi dengan dasar terpal atau lapisan plastik dapat Anda lakukan juga sebagai pilihan praktis dalam membuat kolam minimalis di halaman rumah. Ini juga menjadi salah satu cara alternatif yang cepat untuk membuatnya di depan teras rumah kita.
Untuk finishing penutup dinding luar bisa digunakan kolam batu minimalis atau juga bisa juga kolam buatan minimalis dan kolam hias minimalis batu alam.

PEMILIHAN CAT KOLAM IKAN KOI

Pemilihan cat warna gelap pada dinding maupun dasar kolam ikan tampaknya akan membuat ikan terlihat bagus, tampilan warna ikan akan terlihat jelas karena warna ikan koi yang terang bisa lebih terlihat bila background kolam menggunakan warna gelap. Tapi yang lebih penting dengan di cat kolam warna gelap adalah kotoran dari ikan koi maupun sisa makanan tidak terlihat. Namun jika kolam ikan baik dasar maupun dinding menggunakan lapisan keramik, tampaknya pengecatan ini tidak diperlukan.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

PEMASANGAN FILTER KOLAM MINIMALIS IKAN KOI

Bagaimana cara membuat atau memasang filter kolam minimalis? Untuk simpelnya, kita menggunakan sistem pompa mekanik agar lebih mudah dibuat dan cepat. Kita menggunakan tenaga pompa untuk menyedot air yang akan masuk ke filter, baik itu pompa celup yang berada di dalam kolam atau pompa biasa di luar kolam. Kemudian memasukkan air ke dalam sekatan sekatan yang di dalamnya telah kita berikan bahan penyaringan filter.

Sistem Filter

Dua faktor penting yang diperlukan untuk membuat kolam ikan koi yang sehat, yaitu:
  • Sumber oksigen yang sehat
  • Filter air untuk kebersihan air.
Oksigen dapat dihasilkan dari pergerakan air. Kita bisa mengatur kondisi aliran air, misalnya membuat kolam minimalis dengan air terjun, pancuran, gelembung udara atau apa saja yang menghasilkan riak kecil pada kolam. Umumnya, filter air pada kolam ikan terdiri dari filter mekanik dan filter biologis. berikut penjelasannya mengenai kedua jenis filter kolam ikan koi;

Filter mekanik

Bagian-bagian filter mekanik yang sering digunakan pada kolam ikan koi adalah:

Skimmers

adalah sistem filter yang berfungsi untuk membersihkan kotoran yang mengapung pada permukaan kolam. Pada prinsipnya, ia menggunakan aliran air di dalam kolam.

Bottom Drain

lubang pembuangan air yang ada di dasar kolam. Berfungsi membersihkan kotoran yang ada di dasar kolam.

Vortex Chamber

biasanya terhubung dengan bottom drain. Air dialirkan ke ruangan seperti tandon yang terbuka dengan terhubung dengan udara luar.

Ruang Tandon Vortex

terletak sebelum air dialirkan ke filter biologis. Rotary drum filter, yaitu bagian yang menyaring kotoran secara langsung untuk dibuang secara langsung.

Filter Biologis

Sistem filter mekanik itu penting, untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air. Tidak hanya itu, sistem filter juga harus menjamin kolam dari zat-zat kimia yang dapat membahayakan ikan koi.
Maka dalam hal ini, perlu dilakukan sistem filter biologis.
Pada intinya, cara kerja filter biologis adalah menghasilkan bakteri pengurai di dalam kolam secara lebih banyak dan terkonsentrasi pada suatu media yang disediakan. Media yang digunakan sebagai filter biologis bisa beragam, yang penting memiliki penampang yang cukup luas dan memiliki rongga yang sekecil mungkin.

Salah satu yang sering digunakan sebagai media filter biologis adalah kerikil atau pasir kasar.
Air bersih yang dihasilkan oleh filter biologis sebaiknya dijauhkan sedapat mungkin dari saluran pembuangan, agar air bersih dapat terdistribusi secara merata ke seluruh bagian dari kolam ikan koi.
Menghilangkan alga penyebab warna hijau pada kolam
Salah satu kotoran kolam adalah seringnya kolam menjadi berwarna hijau. Penyebabnya adalah tumbuhnya alga di dalamnya. Tampaknya ini dapat mengganggu keindahan dan kejernihan kolam. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan lampu UV (Ultra Violet) yang dapat diletakkan di saluran keluar dari filter biologis atau terletak di chamber sebelum tempat pompa.

Filter air kolam dapat kita beli di toko peralatan kolam renang. Atau jika kita ingin lebih alami, dapat digunakan filter biologis seperti yang telah kami jelaskan dan jangan lupa pilih jasa kami Tianggadha Art Tukang Kolam Koi Minimalis di Surabaya untuk mengerjakan kolam ikan minimalis di rumah Anda yang tidak saja melayani di Surabaya saja tapi juga melayani Jasa Tukang Kolam Minimalis Sidoarjo.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

PEMASANGAN LAMPU KOLAM HIAS MINIMALIS IKAN KOI

Sebenarnya ini tidak harus bila mengingat lokasi kolam hias minimalis yang dibuat berada di depan rumah, yang biasanya sudah memiliki lampu penerangan sendiri. Namun, untuk memaksimalkan pemandangan saat malam hari, lampu kolam ikan ini boleh ditambahkan sesuai selera Anda.
Bila Anda menginginkan tampilan ikan terlihat cantik dalam kolam minimalis bisa juga dipasang pada dinding kolam atau memakai lampu sorot yang diarahkan ke area air kolam agar pergerakan ikan koi bisa terlihat.

ESTIMASI BIAYA MEMBUAT KOLAM MINIMALIS IKAN KOI SEDERHANA

Mengenai biaya, sebenarnya sangat relatif. Dari yang telah kita paparkan di atas, adalah relatif bisa dikalkulasi. Tetapi, model kolam dengan sistem yang lebih kompleks lagi tentu akan membutuhkan estimasi biaya yang lebih tinggi. Sama halnya penghitungan pembuatan bangunan lainnya seperti, rumah, jembatan atau jenis bangunan yang lainnya tentunya bisa dihitung dengan mudah.
Tampaknya, untuk sementara ini yang dapat kami, Tianggadha Art Tukang Taman Surabaya Murah berikan sebagai catatan berkaitan dengan jasa membuat kolam minimalis dan kolam ikan koi secara sederhana minimalis di depan rumah. Jika Anda merasa ini belum lengkap dan memerlukan tambahan penjelasan, mohon hubungi jasa kami ke 081232873316 dan 081334433394 karena kami spesialis pembuatan kolam minimalis ikan koi, saran Anda dalam kolom komentar di bawah ini. Dengan senang hati akan kami respons, sebagai masukan untuk menambah kelengkapan informasi dalam jasa kami ini. Dan untuk itu kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya jangan lupa kunjungi website kami Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-kolam-minimalis-dan-kolam-ikan.html

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art