Skip to main content

Tukang Taman Vertikal Dan Jasa Vertical Garden

Vertical Garden adalah salah satu konsep atau desain taman modern, Model taman yang di Indonesia disebut juga Taman Vertikal. Di mana taman ini berbentuk tegak lurus yang biasanya menggunakan media dinding atau mendirikan sendiri memakai rangka baja juga bisa, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada koridor kantor, dinding pada rumah baik dinding  halaman belakan dalam ruangan maupun pada dinding samping rumah dan lainya. Tianggadha Art 081232873316 Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman Vertikal Surabaya, Jasa Vertical Garden Surabaya, Jasa Pemasangan Taman Vertikal, Jasa Pembuatan Vertical Garden dan Tukang Taman Vertikal Dan Jasa Vertcal Garden.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-taman-vertikal-dan-jasa-vertical.html
Tukang Taman Vertikal

Jika Anda sedang mencari Tukang Taman Vertikal Surabaya, Jasa Tukang Taman Vertikal Surabaya, Jasa Pembuatan Taman Vertical Garden di Surabaya, Jasa Pembuatan Taman Vertikal Surabaya, Jasa Pembuatan Vertical Garden Surabaya, Harga Pasang Taman Vertikal Surabaya, Harga Pasang Vertical Garden Surabaya. Jika iya, Anda sudah membuka website yang benar dikarenakan kami Tianggadha Art merupakan Tukang Taman Vertikal Dan Jasa Vertical Garden Surabaya yang mampu memberikan harga murah serta tetap mengutamakan kualitas dan kepuasan dari pelanggan kami.

SEJARAH TAMAN VERTIKAL


Sebelum kita membahas mengenai Vertical Garden berikut info Jasa Pembuatan Vertical Garden Tianggadha Art, bagi Anda yang masih asing dengan istilah Vertical Garden tersebut ada baiknya mengetahuinya terlebih dahulu. Vertical Garden merupakan bentuk kumpulan tanaman atau pengaturan taman yang disajikan secara Vertikal ke atas dengan jenis bunga-bunga yang diatur dengan pola membentuk taman.
Vertical Garden lahir sebagai bentuk solusi dari keterbatasan lahan yang ada untuk ditanami aneka tanaman hijau yang memiliki peran penting bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Terinspirasi dari seni taman pada masa peradaban Babilonia kuno lahirlah seni pembuatan taman yang posisi vertikal atau tegak lurus, menempel pada dinding dan media lainnya. 
Seorang Botanist asal Perancis Patrick Blanc, berhasil mempopulerkannya untuk kali pertama kepada dunia pada tahun 1994. Hingga pengetahuan tentang pembuatan taman vertikal ini sampai kepada Kami pada tahun 2006 silam dan hingga sampai kini Kami, Tianggadha Art terus menerus melakukan pengembangan keahlian pada bidang pembuatan taman vertikal ini.
Vertical Garden atau Taman Vertikal banyak dijumpai di daerah perkotaan dengan jumlah lahan untuk menanam tanaman hijau sangat terbatas. Mengingat kebutuhan makhluk hidup terdapat tanaman hijau sangat penting, maka muncullah inovasi teknologi Vertical Garden. Vertical Garden salah satu solusi terbaik di Indonesia, hal ini jelas karena melalui teknologi ini, kebutuhan manusia akan tumbuhan hijau yang penting bagi kesehatan lingkungan bisa terpenuhi.


Sebelum Vertical Garden dikenal di Indonesia Vertical Garden telah dikenal lebih dahulu di negara-negara dengan kondisi lahan terbatas seperti jepang. Bahkan pemerintah Singapura memberikan inisiatif bagi mereka yang menerapkan teknologi Vertical Garden. Di samping Vertical Garden adalah solusi keterbatasan lahan, Kesan yang muncul dari aplikasi teknologi taman ini adalah nuansa estetika dan kesejukan. Di tengah ruangan atau bangunan yang semula gersang, kini keasrian bisa dirasakan, tanpa harus menghabiskan lahan untuk tempat tumbuh aneka tanaman hijau.

Bahkan bangunan berbentuk gedung, kantor, hotel yang tinggi juga akan terlihat. dan indah melalui Vertical Garden sebagai solusi jasa pembuatan Vertical Garden tersebut. Kendala utama pada penerapan teknologi Vertical Garden menurut Tianggadha Art sebagai jasa pembuatan Vertical Garden adalah soal biaya yang cukup mahal. Kisaran harga untuk teknologi ini hingga 1,5 juta rupiah per meter persegi untuk sebuah Vertical Garden. Harga ini cukup mahal mengingat dalam sebuah ruangan bisa menghabiskan puluhan meter apabila ingin dihasilkan sebuah rancangan Taman Vertikal yang sempurna.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-taman-vertikal-dan-jasa-vertical.html
jasa vertical garden

KEUNGGULAN TAMAN VERTIKAL

 Dalam Pembuatannya, taman ini tidak memakan waktu yang lama, hanya menyusun tanaman secara vertikal, perawatannya pun tidak terlalu sulit, seperti menyiangi rumput liar atau pemotongan yang rutin. Anda hanya perlu menyiram tanaman pada taman itu pun kalau sistem penyiraman tidak menggunakan yang otomatis. Dan inilah beberapa keuntungan menggunakan konsep taman ini :

Tidak Membutuhkan Lahan Luas
Tentu, karena model taman ini bahkan tidak membutuhkan lahan sama sekali, taman ini dibuat di dinding halaman maupun rumah Anda. masalah cuma pada biaya, semakin luas budget juga semakin besar. Salah satu tujuan dari vertical garden adalah untuk mengatasi keterbatasan lahan. Selain itu, vertical garden juga bisa menjadi sarana ruang hijau yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan, seperti misalnya menjadi penahan panas matahari, mengurangi polusi udara, meningkatkan suplai oksigen, meredam polusi udara, dan lain sebagainya.

Perawatan Mudah
Sangat sangat mudah, karena hanya perlu melakukan penyiraman, namun apabila ada tanaman yang mati, Anda hanya perlu mengganti tanaman tanpa perlu mengganti potnya. Pemupukan juga melalui sirkulasi penyiraman dengan melalui media profil tank. Unsur-unsur dan komponen nutrisi lainya diperoleh dengan cara penyiraman dan penyemprotan, sementara media-media yang dipakai sebagai tempat berpegangan tanaman untuk dapat tumbuh, Sistem inilah yang dipakai pada Vertical Garden hasil kerja Jasa Pembuatan Taman Vertikal Tianggadha Art.

Bisa Sesuaikan Tanaman Favorite 
Dasarnya konsep vertical ini adalah kumpulan dari tanaman hias yang disusun secara vertikal, jadi dalam pembuatannya, .Anda bisa memilih sendiri tanaman apa saja yang akan digunakan, kami menyediakan semua tanaman yang bisa Anda pilih. 
Vertical garden juga memiliki keindahan tersendiri yang tidak dimiliki oleh taman horizontal. Vertical garden juga bisa diletakkan dan dibangun di mana saja, baik itu indoor ataupun outdoor. Tanaman yang digunakan biasanya adalah tanaman yang mudah ditemui, tanaman yang umum dan mudah dikembangkan.

Betul - betul menjadi solusi di tengah keterbatasan lahan kawasan yang tersedia juga tanaman hijau yang populasinya mulai menurun di tengah kawasan-kawasan perkotaan dan industri. Mungkin Anda penasaran dengan media yang bisa digunakan untuk Vertical Garden tersebut, berikut ini di antara media tanaman yang bisa dipakai Sirih gading, meranti bali, meranti bambu, sepatu filum, miana, pakis, dan masih banyak lagi tanaman lainnya.
  • Vertical garden sebagai jawaban atas keinginan untuk tetap dapat memiliki taman pada lahan yang sempit, saat ini hadir metode baru yang inovatif untuk membuat taman yang ditanam secara vertikal, menempel di dinding (vertical garden). Ada beberapa jenis tanaman yang dapat merambat di dinding, tapi bukan itu yang dimaksud dengan vertical garden.
  • Vertical garden adalah beberapa jenis tanaman yang ditanam dengan menggunakan media tertentu, misalnya dengan metode hidroponik menggunakan geotextile, dan ditata di dinding dengan menggunakan modul (untuk penempatan tanaman) dan mendapatkan pengaturan secara otomatis untuk pemeliharaan secara khusus.
  • Vertical Garden Yang perlu diperhatikan pada saat membangun vertical garden adalah jenis tanaman yang digunakan–tergantung lokasi dinding apakah membutuhkan sinar matahari penuh atau tidak, Untuk Jenis tanaman yang sedikit membutuhkan sinar matahari, antara lain seperti kadaka, bromeliad, tanduk rusa. Dan perlu penyiraman yang teratur, karena tingginya penguapan.
  • Vertical Garden merupakan taman yang dibangun pada bidang yang berdiri tegak lurus dengan tanah. Hal inilah yang membuat vertical garden sering juga disebut dengan model taman dinding. Vertical garden di Indonesia juga sering disebut dengan taman dinding, green wall, vertical landscape, living wall, dan lain sebagainya. Secara sederhana, vertical garden berbeda dengan model taman horizontal yang kita kenal selama ini karena ditanam secara vertikal atau tegak lurus.

Bagaimana Keunggulan Taman Vertikal menurut Anda? kenapa tanaman tanpa media tanah bisa tumbuh secara Vertikal? Prinsip yang dipakai pada teknologi Vertical Garden tersebut adalah teknologi hidroponik, di mana tanaman dapat hidup meskipun tanpa menggunakan media tanah. Karena Vertical garden merupakan taman yang memiliki dua jenis sistem yaitu green facades dan living wall.

Green fa├žade : dinding yang ditumbuhi tanaman merambat yang langsung tumbuh di dinding.
Living Wall : dinding yang diberi media tanam untuk tumbuh tanaman. Biasanya terdiri dari rangka (frame), panel tanaman, sistem irigasi atau penyiraman dan pemupukan, media tanam, dan tanaman itu sendiri.
Kami adalah Jasa Tukang Taman Tianggadha Art, Spesialis perancang dan pembuat taman baik indoor maupun outdoor untuk Vertical Garden atau Taman Vertikal yang merupakan salah satu jenis taman yang Kami tawarkan kepada Anda. 

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-taman-vertikal-dan-jasa-vertical.html
tukang taman vertikal garden

MANFAAT TAMAN VERTICAL GARDEN


Dalam menata tanaman Vertical Garden, urusan gradasi, lapisan, kontras dan warna Kami percaya bahwa Taman Vertikal layak mendapat perhatian yang sama dalam setiap detail seperti taman konvensional lainnya. Pemilihan jenis tanaman yang tepat merupakan kunci utama dalam setiap pembuatan taman vertikal di samping perawatan yang harus dilakukan secara kontinyu dengan baik dan benar. Taman vertikal dapat melindungi eksterior rumah. Dengan adanya taman vertikal dinding atau eksterior rumah dapat terlindungi dari paparan sinar matahari dan juga melindungi cat tembok terkena air hujan.

Metode penanaman taman vertikal juga bisa bertindak sebagai isolasi dari sinar matahari yang menerpa rumah, dan juga meningkatkan efisiensi energi dari rumah kita. Efisiensi energi yang dimaksud di sini adalah pemakaian AC, di saat cuaca terik, taman vertikal berfungsi untuk mereduksi cahaya matahari sehingga suasana di dalam rumah terasa teduh dan sejuk. Jika di saat musim hujan, vertikal garden dapat menghangatkan ruangan di dalam rumah. Taman vertikal mampu mengurangi efek masuknya sinar matahari ke dalam rumah, sehingga rumah akan terasa teduh dan nyaman, serta menciptakan pemandangan indah bagi orang-orang di sekitarnya.
  1. Taman vertikal juga merupakan solusi bagi kita yang mempunyai halaman dengan kualitas tanah yang buruk. Kita hanya perlu membuat kerangka untuk menempelkan tanaman pada dinding kita, sehingga kita tidak perlu membuang banyak waktu dan uang untuk memperbaiki halaman tersebut.
  2. Taman vertikal yang ditanam di dalam ruangan, dapat menjadi pembatas ruangan sehingga menciptakan keindahan di dalam ruangan. Selain untuk memperindah ruangan, taman vertikal yang berada di dalam ruangan berfungsi sebagai penghasil udara yang baik. Taman vertikal memperbaiki kualitas udara baik di dalam rumah maupun di sekitar rumah. Tanaman pada taman vertikal menyerap karbon dioksida dan juga polusi yang berasal dari dalam rumah, misal debu yang sering menempel pada karpet dinding dan sebagainya.
  3. Taman vertikal tidak memerlukan usaha yang ekstra untuk merawatnya, karena kita tidak perlu untuk membungkuk untuk melakukan perawatan seperti memotong daun, menyirami, dan memberi pupuk. Hal ini dapat meringankan kondisi tubuh kita, terutama bagi orang tua yang rentan terkena sakit punggung.
  4. Taman vertikal juga fleksibel, bisa ditempatkan jauh dari hewan dan serangga hama seperti kelinci, siput, dan serangga hama lain, sehingga kita bisa berkebun organik tanpa menggunakan pestisida dan jauh lebih mudah. Taman vertikal lebih mudah dalam mengontrol penyebaran gulma, dan juga waktu yang kita gunakan untuk berkebun jadi jauh lebih singkat. Tanaman yang tumbuh ke atas akan lebih banyak menerima sinar matahari dan meningkatkan sirkulasi udara.
  5. Taman vertikal bisa dibuat dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi, seperti botol bekas. Dari botol bekas ini bisa dijadikan pot yang nantinya diletakkan pada konstruksi atau frame yang sudah dibuat sebelumnya pada dinding rumah. Hal ini juga merupakan usaha untuk mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai. Untuk orang-orang yang tinggal di apartemen perkotaan atau bekerja di kantor, taman vertikal dapat menyediakan akses keindahan alam yang menenangkan, yang diperlukan untuk kesehatan mental.
  6. Taman vertikal yang dibiarkan tumbuh di pagar, tidak hanya menambah estetika untuk tampilan rumah kita, tetapi juga menjadi filter untuk mengurangi kebisingan. Konsep taman vertikal ini dapat juga digunakan untuk menutupi benda-benda yang kurang menarik, misalnya coretan di tembok, kotak meteran listrik, maupun benda-benda lainnya yang kurang enak dipandang mata.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-taman-vertikal-dan-jasa-vertical.html
jasa taman vertikal

CARA MEMBUAT TAMAN VERTIKAL


Membuat vertical garden sebetulnya bisa dengan cara sederhana. Misalnya dengan menanam tanaman di dalam pot yang kemudian disusun dari atas ke bawah. Bisa juga dengan menggunakan pipa paralon PVC maupun bambu untuk menanam tanaman dan disusun dari atas ke bawah. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam Cara Membuat Taman Vertikal;

1- Taman yang dipilih adalah tanaman yang ukuran dewasanya kecil.
2- Tanaman yang lambat pertumbuhannya.
3- Jenis tanaman menahun atau yang dapat terus tumbuh selama bertahun-tahun.
4- Tanaman beraneka warna agar dapat dibuat menjadi berbagai macam pola.
5- Sistem penyiraman otomatis dengan timer

Alat Perlengkapan Dan Komponen Taman Vertikal

Alat-alat Perlengkapan
Mesin Bor
Palu
Gunting Plat
Sekrup
Baut
Pengikat

Komponen Untuk Dinding
-Tanaman
-Baja Ringan
-Geo Textile
-Glass Wall
-Sekam Bakar
-Cocopeat
-Pupuk Media

Komponen Untuk Penyiraman
-Profil tank
-Mesin Pompa
-Pipa Paralon
-Timer otomatis
-Adaptor
-Disk Filter
-Selang
-Octa

Langkah - Langkah Membuat Vertical Garden.

  1. Buat frame dari bahan baja ringan berukuran sekitar 0,5 x 1 m dan pasang ke tembok menggunakan baut atau perekat lainnya. Beri celah minimal 7 cm dari tembok, agar media tanam tidak langsung menempel ke tembok karena lembap dan bisa membuat tembok berlumut.
  2. Taruh 2 lapis media tanam (velt sabut kelapa atau geotextile).Sobek lapisan paling depan untuk membentuk lubang tempat menanam. Beri jarak 12 cm ke samping dan ke bawah untuk setiap sobekan yang akan membentuk lubang tanam.
  3. Beri jahitan membujur vertikal di antara lubang tanam untuk menjaga media tanam tidak melorot Adanya jarak antar lubang membuat media tanam tidak sepenuhnya langsung tertutup oleh tanaman. Perlu waktu hingga tanaman tumbuh dan berkembang sampai menutupi seluruh media tanam.
  4. Perlu bagi Anda untuk memilih tanaman yang berimbang antara akar dan tajuk. Akar akan cukup kuat menopang daun jika tajuknya lebih kecil dan dapat mencegah daun menjadi layu. Ini merupakan konsep dasar keseimbangan tanaman yang harus diketahui oleh Anda yang akan membuat vertical garden.
  5. Kemudian, tanam tanaman yang sudah Anda pilih ke lubang yang telah dibuat. Caranya bisa menggunakan gulungan rockwool atau bisa juga langsung tanpa ada tambahan apa-apa, asal tanaman sudah punya akar yang bagus.
  6. Pengairan gunakan sistem drip irigasi atau pun manual disiram dengan tangan. Sistem drip irigasi tentunya lebih nyaman dan tidak menyita waktu. Gunakan juga timer otomatis dengan jeda waktu penyiraman bisa disetel, contohnya 3 s/d 5 kali sehari, selama 2 menit setiap kali penyiraman.
Penyeleksian wajib dilakukan untuk setiap desain dan tanaman vertical garden berdasarkan pada kondisi spesifik dari project yang akan Kami lakukan. Memilih tanaman yang tepat untuk lokasi yang tepat demi memastikan taman yang sehat, fungsional dan indah. Semisal project untuk daerah perkotaan, ada beberapa faktor maupun kondisi yang mempengaruhi, di antaranya gedung-gedung tinggi, asupan udara, angin dan pola teratur dari paparan sinar matahari. Kami menggunakan berbagai macam spesies tanaman dan terus berusaha untuk mengidentifikasi tanaman baru lainnya untuk diterapkan pada rancangan desain.

https://www.tianggadha.com/2020/12/tukang-taman-vertikal-dan-jasa-vertical.html
jasa pembuatan taman vertikal

BIAYA PEMBUATAN TAMAN VERTIKAL


Membuat Taman Vertikal tidak semudah membuat taman biasa, perlu keahlian khusus dalam hal membuat media tanam, memilih jenis tanaman, mengaplikasikannya pada lokasi yang tepat, dan merawatnya secara berkala. Untuk menghemat biaya, Anda dapat membuat vertical garden sendiri di rumah. Semua tergantung pada kebutuhan, ingin membuat sendiri atau menyerahkan pada ahlinya.
Biaya yang digunakan untuk membuat taman vertikal lebih mahal dibandingkan menanam tanaman dengan cara konvensional, Taman vertikal membutuhkan perangkat tertentu dan tukang Taman Vertikal juga membutuhkan keahlian khusus, bisa terlihat kacau jika tidak disusun dengan baik dan tidak menggunakan tanaman yang tepat.
Tinggi atau rendahnya biaya yang dibutuhkan juga tergantung pada pilihan tanaman dan media tanam yang Anda pilih. Patokan lain yang umum untuk menentukan besaran biaya dalam pembuatan taman vertikal adalah luas yang dipasang, bila luas lebih dari 50 meter harga kisaran Rp 1.500.000, namun bila kurang dari 50 meter harga bisa lebih mahal.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menggunakan botol bekas dan pipa paralon yang harganya tentu saja jauh lebih murah. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat vertical garden sebenarnya sangat bervariasi. Namun, tinggi atau rendahnya biaya yang dibutuhkan tergantung pada tingkat kesulitannya di lapangan. Jadi yang membuatnya menjadi mahal adalah jasa yang berhubungan dengan tingkat risiko pemasangannya. Contohnya jika dipasang di area ketinggian seperti gedung bertingkat, tentu harganya akan menjadi mahal.

Sebagai penutup, Percayakan kepada kami dengan pengalaman belasan tahun dalam menciptakan Taman Vertikal, kami akan mewujudkan Vertical Garden yang Anda impikan. Dengan keahlian dan berpengalaman siap menghadirkan suasana yang asri di rumah hunian Anda. Jasa Penata Taman Tianggadha Art siap membantu Anda menciptakan taman berkualitas terbaik dengan desain sesuai keinginan Anda karena kami di dukung tenaga ahli profesional yang telah berpengalaman, kami pastikan Anda akan puas dengan hasil kerja kami. Segera hubungi kami Tianggadha Art Tukang Taman Surabaya Murah pada nomor kontak berikut.

https://www.tianggadha.com/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

PROFIL Tianggadha Art

Foto saya
Surabaya, Semolowaru Utara IV No.14A. Semolowaru, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi desain landscape taman, pembuatan taman, kolam, air mancur, tebing relief, saung/gazebo, pemasangan batu alam, ampyangan/batu sikat lantai carport, waterfall dan juga penyedia tanaman. Jangkauan kami meliputi daerah Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban, kami juga melayani pengerjaan di luar Jawa Timur baik di dalam atau di luar pulau Jawa.Komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik bagi klien sehingga klien kami dapat menikmati suasana alam yang diinginkan di tempat tinggal atau tempat kerja.