Skip to main content

Info Tukang Taman Dan Desain Landscape Taman

Desain landscape dan desain interior adalah dua area yang sangat berlawanan. Desain interior membangun dan menata interior rumah, sedangkan desain landscape akan menata dan membangun keseluruhan bagian luar rumah. Untuk proyek besar yang menuntut lanskap dan desain interior akan memiliki tenaga ahli yang bekerja secara mandiri yaitu tukang taman. Namun, dalam kasus tertentu arsitek interior juga dapat mengambil desain landscape taman, atau pun juga sebaliknya.
tukang taman surabaya tianggadha art
desain landscape taman untuk proyek graha familly, surabaya barat

Selain desain interior, desain arsitektural, beberapa tahun terakhir ini profesi desain landscape atau Jasa Tukang Taman telah banyak diminati orang. Namun bidang tukang desain lansekap masih terbilang baru di Indonesia, kebanyakan orang masih belum paham betul apa itu desain lansekap? Serta banyak kesalahpahaman tentang bidang ini. Jadi, kami Tianggadha Art sebagai penyedia jasa desain landscape taman akan mengupas lebih lanjut tentang Info Tukang Taman Dan Desain Landscape Taman yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA

Konsep Tukang Taman Dalam Mendesain Landscape Taman

Desain lansekap telah muncul di dunia selama bertahun-tahun, namun di Indonesia khususnya kota kota yang sudah berkembang seperti Surabaya, Semarang, Jakarta dan kota-kota lainnya, masalah desain lansekap masih menjadi pertanyaan besar dan dipertanyakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, Desain Lansekap adalah penciptaan dan konstruksi ruang terbuka kosong suatu bangunan dengan menata, membuat pola dan rencana pemasangan bahan, benda, bentuk yang akan dibawa, hingga keselarasan dan penampilan cantik untuk keseluruhan proyek dalam kesatuan bentuk taman.

Beberapa item utama dalam desain lansekap seperti Konstruksi dan desain taman yang indah, penanaman tanaman hijau, pembuatan lanskap taman, desain pencahayaan, eksterior bangunan (tangga, kolam ikan, lampu maupun water wall).

Berbicara mengenai desain landscape taman yang selama ini Tianggadha Art lakukan, tentunya sebagai Jasa desain landscape surabaya berpengalaman dalam merancang dan membangun arsitektur dan taman. Desain lansekap taman berawal dari profesi merawat bonsai di istana di Prancis pada abad ketujuh belas. Belakangan, menyebar ke seluruh Eropa pada abad kedelapan belas, sebagian besar karya yang membutuhkan desain lansekap saat itu hanya melibatkan tempat ibadah dan istana.

Pada abad kesembilan belas, desain landscape lebih populer dalam kehidupan masyarakat. Pada awal abad kedua puluh, desain lansekap secara bertahap diterapkan pada proyek perkotaan, dan merupakan bagian yang sangat diperlukan untuk kawasan pemukiman kelas atas maupun real estate yang dibangun untuk hunian penduduk perkotaan.

tianggadha art tukang taman surabaya
tukang taman tianggadha art desain landscape graha familly surabaya barat


Baca juga
Pentingnya desain taman sebelum membuat taman

Info tentang tukang taman Dan Desain Landscape 

Secara umum, desain lansekap di Indonesia khususnya di Surabaya tidak sepopuler kota besar di dunia. Oleh karena itu, sulit untuk menghindari pertanyaan dan mitos yang tidak perlu. Berikut beberapa info yang paling umum di pikiran orang awam tentang tukang taman:

Tukang Taman Adalah Menanam Pohon?

Banyak orang mengira bahwa tukang taman adalah pekerjaan hanya menanam pohon dan tanaman,  ini adalah kesalahpahaman. Desain lansekap dibangun oleh banyak faktor, tidak hanya menanam pohon, atau hanya menanam bunga. Selain penanaman pohon, perancang lanskap juga membangun, memasang, dan mengkoordinasikan banyak hal yang berbeda seperti bangunan buatan manusia, miniatur, kolam renang, lampu, air mancur, patung batu, dekorasi.

Desain Landscape Adalah Berkebun?

Selain apa itu desain lansekap, ini tentu pertanyaan dan mitos paling umum tentang desain landscape taman. Meski berasal dari perawatan tanaman hias, desain landscape bukanlah berkebun. Ingin membuat proyek taman yang indah, perlu kombinasi banyak bidang seperti desain, arsitektur, lingkungan, bonsai, seni, konstruksi dan teknik menata tanaman yang menghasilkan bentuk asri dan menyenangkan.
Seseorang yang terjun menjadi tukang taman Dan desain lansekap taman mengharuskan mereka memiliki pengetahuan tentang pepohonan, estetika yang baik, kemampuan mengatur dan memasang, dan pengetahuan tentang arsitektur, infrastruktur, konstruksi. Selain itu, mereka perlu memiliki pemikiran yang tajam, menghitung dan menganalisis proyek, mengetahui apa yang harus dilakukan untuk setiap proyek tertentu. Jadi jelas bahwa desain landscape adalah industri yang cukup kompleks, bukan hanya berkebun.

tukang taman jakarta tianggadha art
desain landscape taman rumah di kemang jakarta selatan

 

Baca Juga Point Penting Sebelum Membut Taman


Manfaat yang didapat memakai jasa tukang taman serta desain landscape taman

Desain lansekap membawa banyak manfaat dalam pembangunan ruang hidup, beberapa manfaat yang menonjol seperti:
  • Meningkatkan estetika keseluruhan proyek, sebuah karya dengan lanskap eksterior yang dipoles dan indah akan membantu meningkatkan estetika dan menarik lebih banyak lagi. Pada saat yang sama, desain lansekap juga menciptakan hubungan antara ruang interior dan eksterior, membantu bangunan menjadi satu secara keseluruhan.
  • Desain landscape berkontribusi pada ruang hijau bangunan. Sebagian besar desain lansekap taman selalu memiliki pepohonan, hal ini membawa kesejukan, udara segar, dan sejuk ke dalam bangunan. Selain itu, area taman juga menjadi tempat yang tepat untuk bersantai setelah jam kerja yang lelah.
Akan ada 3 prinsip umum untuk membuat taman lanskap yang estetis dan feng shui yang baik untuk memenuhi persyaratan masing-masing pemilik rumah.
  1. Desain dengan proporsi yang tepat : Pemandangan taman harus selalu proporsional dengan keseluruhan ruang. Misalnya dalam bentuk rumah tabung, sebaiknya dipilih taman mini-landscape saja. Sedangkan untuk vila besar, disarankan untuk membangun taman lanskap yang luas.
  2. Konsistensi selalu diutamakan : Desain landscape taman harus menekankan konsistensi dalam penggunaan material dan tata letak lansekap. Misalnya, jika Anda telah memilih taman bergaya Jepang, belum tentu jika Anda memadukannya dengan taman miniatur Eropa.
  3. Menggabungkan warna vegetasi yang wajar : Tanaman merah, oranye, dan kuning berfungsi untuk membuat taman lebih hidup. Sedangkan warna hijau membuat keseluruhan taman terlihat lebih luas.
tukang taman semarang tianggadha art
desain landscape taman untuk rumah di semarang oleh tianggadha art

 

Baca Juga Desain Taman Rumah Mungil


Catatan yang diperlukan untuk mendesain lanskap taman yang indah

Desain lansekap taman bukan berarti Anda sembarangan berkreasi tanpa ada aturan. Pemandangan taman hanya benar-benar indah jika mengikuti beberapa prinsip umum yang dikombinasikan dengan kreativitas dalam kerangka dan scedule yang tepat, dan berikut arahan yang harus diperhatikan saat membuat taman;

Rancang area secara optimal 
Lanskap taman bertindak sebagai ruang dekoratif, menciptakan sorotan untuk ruang tersebut. Jadi, desain lansekap taman perlu mengoptimalkan area agar tidak terlalu keluar dari pakem. Dengan space yang kecil sebaiknya memanfaatkan sudut-sudut yang jarang digunakan, seperti sudut pekarangan, skylight, dan terasiring. Dengan demikian, area konstruksi akan lebih optimal.

Jangan menanam tanaman aneh atau bahan kimia berbahaya 
Ada banyak tanaman yang asalnya tidak diketahui yang, meskipun penampilannya menarik, diketahui menyebabkan alergi atau ancaman bagi tanaman lain. Paling baik dengan tanaman, bunga aneh dan tanaman tanpa asal, Anda tidak boleh tumbuh di taman lanskap kecil.
Selain itu selama perawatan, Anda tidak boleh menggunakan bahan kimia berbahaya seperti pestisida, herbisida. Sebagai gantinya, gunakan insektisida organik atau manual.

Perhatian pada desain sistem lantai
Sistem lantai berfungsi sebagai penyangga tumbuh-tumbuhan di atas atau untuk menopang kerangka air mancur. Lantai ini harus dipastikan dengan pipa air yang didistribusikan dengan benar, tahan terhadap tekanan di permukaan.

Tata letak sistem pencahayaan yang wajar 
Dalam lansekap taman, perlu juga dilakukan penataan sistem pencahayaan di sekitarnya. Mereka akan membantu taman berkilauan dan pada saat yang sama membuat orang lebih mudah bergerak. Lampu yang digunakan untuk taman mini luar ruangan haruslah yang memiliki peringkat tahan air dan tahan debu IP65 atau lebih tinggi.

Jangan menanam terlalu banyak jenis tanaman 
Menciptakan ruang hijau itu penting, tetapi tidak agar Anda menanam terlalu banyak jenis pohon. Jumlah pohon di setiap taman lanskap sebaiknya kurang dari 10 jenis. Tutupan vegetasi harus didistribusikan secara merata dengan pohon lapisan atas dan bawah.

Baca Juga Model Taman Untuk Rumah Modern

Semoga melalui artikel ini Anda lebih memahami apa itu desain lansekap, serta terhindar dari mitos yang tidak perlu tentang bidang baru ini. Jika Anda ingin update lebih banyak informasi menarik tentang desain landscape, atau ingin memiliki taman yang unik dan menarik, silakan hubungi Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art ke nomor 081232873316 dan 081334433394, sebuah perusahaan desain arsitektur lansekap top saat ini.
tukang taman surabaya tianggadha art

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art