Skip to main content

Membuat Taman Dalam Ruangan atau Taman Indoor

Menanam tanaman di dalam ruangan sudah sangat populer. Asal mulanya adalah kesadaran kita akan degradasi lingkungan, dan bahwa tanaman di dalam ruang ruang rumah dapat mengurangi polusi yang disebabkan oleh akumulasi karbondioksida,  asap rokok, elektron bebas dari komputer dan sebagainya. Gas buangan karbon tidak jenuh dari mobil dan sepeda motor sudah mewarnai kesehatan kita terutama di lingkungan kita. Jadi Membuat Taman Dalam Ruangan atau Taman Indoor sangat perlu untuk Anda lakukan

Jasa Tukang Taman Surabaya
membuat taman dalam ruanganatau taman indoor

Penelitian di kota kota berpenduduk padat mengungkapkan bahwa dikelilingi oleh tanaman hidup itu baik untuk kesehatan kita. Kondisi itu membuat kita ceria di pagi hari. tanaman hidup yang dihadirkan dalam ruang kantor meningkatkan produktivitas para karyawan yang bekerja di dalamnya. tanaman juga menciptakan suasana hangat dalam kehidupan yang tidak dapat ditandingi oleh perabot lain.

Namun, lingkungan di dalam rumah kebanyakan tidak kondusif bagi tanaman hidup. Banyak rumah tidak memiliki pencahayaan yang cukup. Jika pesawat AC dipasang, kelembaban udara dalam ruang menjadi sangat rendah titik kondisi yang merugikan ini benar-benar menjadi tantangan bagi pemilik rumah dan menjadi pertimbangan utama saat memilih jenis tanaman yang cocok untuk kondisi tersebut.

Menarik untuk diketahui bahwa dalam skala lebih besar, tanaman dalam ruangan digunakan secara efektif di dalam kantor, rumah sakit, pusat perbelanjaan, bandar udara, gedung konser, dan juga dalam ruang publik lainnya. Juga menarik untuk diketahui bahwa telah dilaksanakan sejumlah besar penelitian mengenai nilai kehadiran tanaman hidup di dalam ruangan titik berbagai kajian menunjukkan bahwa produktivitas para karyawan meningkat di dalam kantor, rumah sakit, dan ruang-ruang kerja lain yang didalamnya hadir tanaman-tanaman hidup. 

Pemanfaatan tanaman dalam ruangan, termasuk bunga segar dan karangan bunga juga terbukti meningkatkan proses penyembuhan para pasien di rumah sakit. Hingga batas tertentu, tanaman mengurangi polusi akibat asap rokok dan menurunkan kadar CO2 dalam atmosfer ruangan, serta radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh komputer dan perkakas elektronik lainnya.

Tanaman dalam ruangan yang berukuran besar seperti pohon dan palem setinggi 3 sampai 5 meter atau lebih yang dihadirkan dalam pusat perbelanjaan, bandar udara, ruang publik lain di seluruh dunia. Menciptakan sebuah oasis tempat para pengunjung dan penumpang dapat beristirahat dan bersantai. Contoh yang baik adalah terminal bandar udara Singapura.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dalam ruangan

Cahaya Dalam Ruangan

https://www.tianggadha.com/2020/10/membuat-taman-dalam-ruangan-atau-taman.html
pencahayaan untuk taman indoor

Lingkungan dalam rumah kita menentukan tanaman apa saja yang dapat tumbuh dan yang tidak dapat tumbuh dengan baik tidak ada faktor lingkungan lain yang lebih penting bagi pertumbuhan atau pemeliharaan tanaman dalam ruangan selain tersedianya cukup cahaya. Kebutuhan tanaman akan intensitas cahaya sangat berbeda dengan yang lain.

Tanaman yang berdaun berwarna cerah seperti kroton, Bromolia dan  hanjuang serta kaktus aneka warna, paling baik jika diletakkan di tempat-tempat yang menerima cahaya matahari meski tidak sepanjang hari, misalnya patio terkurung yang memungkinkan cahaya matahari masuk, atau dekat jendela titik sedangkan pakis, fhilodendron, dan sebagian besar tanaman berdaun lain, pada dasarnya adalah tanaman bawah naungan (under-story, shade plans) yang toleran pada sedikit cahaya. 

Tipe intensitas cahaya hampiran (approximate) dapat dihitung dengan bantuan mengukur cahaya (light meter) yang diletakkan setinggi dedaunan tanaman titik di dalam rumah lazimnya kita menggunakan cahaya lampu pijar sebagai penerangan titik cahaya buatan (artifisial) selain cahaya lampu pijar dapat digunakan dalam rumah, dan barangkali lebih ekonomis.

Lampu energi putih sejuk (cool white) dan kuning hangat (warm yellow) merupakan sumber cahaya alternatif yang baik. Hampir semua tanaman tumbuh dengan baik dan tampil menarik apabila tahu cara mengatur pencahayaan  taman jika diletakkan di bawah paduan lampu energi putih sejuk dan kuning hangat lampu-lampu semacam itu tersedia di berbagai toko peralatan listrik.

Suhu Ruangan

https://www.tianggadha.com/2020/10/membuat-taman-dalam-ruangan-atau-taman.html
letak taman indoor

Tanaman bernapas dan mengeluarkan energi dari mana datangnya energi tersebut? dari sebuah proses yang dinamakan fotosintesis. Dan karena terjadi di dalam ruangan dengan pencahayaan yang terbatas pembentukan karbohidrat agak terbatas, sehingga tanaman akan tumbuh lambat. Jika di pupuk tanaman akan tumbuh lebih cepat selain itu tanaman bernapas dan mengeluarkan energi yang terbentuk melalui fotosintesis dan pupuk jika energi yang terbentuk melebihi energi yang dikeluarkan selama pernapasan, artinya terdapat kelebihan energi titik akibatnya, tanaman akan tumbuh menggelundung.

Untuk mencegahnya, pemberian pupuk harus dikurangi atau dibatasi biasanya 10% dari takaran pupuk untuk tanaman di luar ruangan sudah cukup hindari meletakkan tanaman di tempat tempat yang panas hanya sedikit tanaman yang mampu tumbuh baik di atas televisi dan nyaris tidak ada tanaman yang mampu bertahan hidup dalam tiupan udara langsung dari alat pengaturan udara AC.

Sirkulasi Udara

https://www.tianggadha.com/2020/10/membuat-taman-dalam-ruangan-atau-taman.html
taman kering dalam ruangan

sirkulasi udara yang baik penting bagi pertumbuhan tanaman yang sehat, tetapi tidak berarti tanaman boleh diletakkan dalam tiupan angin. Titik titik persilangan arus udara bukan tempat yang baik bagi tanaman. Lokasi yang paling sesuai untuk tanaman adalah tempat yang bebas pencemar (polutan) dan asap rokok. Bocoran gas dari kompor dan asap yang memenuhi ruangan cukup manjur untuk membunuh tanaman.

Pemupukan

https://www.tianggadha.com/2020/10/membuat-taman-dalam-ruangan-atau-taman.html
jenis tanaman indoor yang hidup dalam ruangan

Di dalam ruangan tanaman memang tidak diinginkan pertumbuhan yang cepat, sekadar cukup untuk mencapai sedikit lebih tinggi dari pada titik kompensasi. Hasilnya, tanaman dalam ruangan hampir-hampir tidak memerlukan pemupukan titik banyak masalah sehubungan dengan pertumbuhan tanaman dalam ruangan keliru dituduhkan pada kurang pupuk. 

Pertumbuhan tidak baik biasanya terjadi karena beberapa faktor lain diantaranya adalah pencahayaan yang tidak cukup. Untuk merawat dirinya sendiri tanaman dalam ruangan memang memerlukan pupuk, masa aktif pupuk itu sendiri tergantung pada rumusan bahannya, suhu dalam ruangan dan pola menyiram.

Penyiraman.

https://www.tianggadha.com/2020/10/membuat-taman-dalam-ruangan-atau-taman.html
penyiraman tanaman indoor dalam ruangan

Menurut kami Tianggadha Art, salah satu penyebab yang umum menjadikan tanaman dalam ruangan tidak tumbuh dengan baik, kemudian mati adalah cara menyiram yang keliru di t jika tanah jenuh karena disiram terlalu sering, sistem perakaran tidak dapat berfungsi dengan baik karena kurang oksigen dalam media.

Menyiram air ke permukaan media merupakan metode yang paling umum untuk menyiram tanaman. Namun memberi air terus-menerus akan menyalurkan garam-garam hara ke permukaan tanah kelebihan garam dapat terjadi pada lapisan atas media, dan dalam 4-6 minggu kondisi ini dapat membakar perakaran bagian atas atau batang. Karena itu, menyiram dari atas sekali sebulan adalah kebiasaan yang baik untuk membilas keluar kelebihan garam dari dalam tanah yang terkumpul di bagian atas media.

Membersihkan Tanaman

https://www.tianggadha.com/2020/10/membuat-taman-dalam-ruangan-atau-taman.html
taman vertikal garden dalam ruangan

tanaman dalam ruangan sebagian besar harus dibersihkan secara berkala, tanaman berdaun berbulu seperti violet Afrika dan begonia Rex harus dijaga agar daun-daunnya tidak basah titik membersihkannya dengan sikat lembut sudah cukup memadai titik dedaunan sebagian besar tanaman lain yang penampilan tanaman tetap sehat dan menarik.

cara membuat taman dalam ruangan
tukang taman surabaya Tianggadha Art

Setelah semua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dalam ruangan sudah anda ketahui, tentunya akan lebih mudah nantinya untuk mengatasi masalah yang timbul. Namun bila anda merasa kesulitan dan tidak ada waktu untuk membuatnya anda bisa menggunakan jasa tukang taman yang anda percayai kemampuannya dalam menciptakan taman dalam ruangan, tapi bila masih ragu Anda bisa menghubungi Tianggadha Art Tukang Taman Surabaya berpengalaman dalam berbagai desain landscape pada nomor kontak di bawah ini.

https://www.tianggadha.com/2020/10/membuat-taman-dalam-ruangan-atau-taman.html

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art