Skip to main content

Jenis Tanaman Pemanis Untuk Taman

Jenis Tanaman Pemanis Untuk Taman 


Bagi yang memiliki lahan luas, memilih dekorasi taman relatif lebih mudah seperti halnya memilih elemen interior rumah. Untuk hunian Indonesia, kursi taman dan gazebo masih kerap menjadi pilihan favorit karena pas untuk bersantai di sore hari sambil menikmati teh hangat.
Ambiens yang ingin anda ciptakan menjadi salah satu pertimbangan utama untuk memilih: apakah anda ingin suasana romantis, kebersamaan keluarga atau sekedar suasana santai? Untuk suasana romantis, mengatur pencahayaan dapat menjadi pilihan cerdas, sementara untuk suasana santai atau kebersamaan pemilihan kursi taman atau gazebo sebaiknya lebih diutamakan. Untuk jenis bunga dan tanaman tentunya juga perlu ada variasi yang tujuanya memanjakan mata anda. Selain itu, pemilihan lampu juga dapat menjadi hal lain yang dapat anda pertimbangkan dengan seksama. Jika taman anda berdimensi relatif kecil maka sebuah lentera atau petromaks pun cukup menjadi penerang sekaligus hiasan. Alternatif yang sedang digemari sekarang adalah LED, yang selain cantik juga mudah diatur secara elektronik, tergantung jenis yang anda gunakan. Karena tujuan pemasangan lampu itu sendiri untuk memunculkan gradasi warna pada taman waktu malam hari.



Jika anda lebih suka gaya sederhana, maka anda dapat menempatkan benda-benda tua yang tidak terpakai lagi seperti wastafel untuk tempat mandi burung atau sekedar patung penghias taman. Untuk inspirasi lebih lanjut, simak langsung berbagai ide tanaman pemanis berikut ini kami suguhkan jenis jenis tanaman pemanis untuk taman
Tanaman Soka

Bunga Soka masuk dalam kategori tumbuhan berbunga sehingga tumbuhan ini juga memiliki bunga seperti kelasnya. Bagian bunga soka terdiri dari kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, kepala sari dan tangkai bunga. Bunga tumbuhan jenis soka ini terletak di bagian apikal tanaman yaitu bagian ujung tanaman. Warna mahkota bunga adalah merah agak orange. Ukuran calyx  dapat mencapai hingga 3 mm. Bunga pada tanaman soka ini berkumpul menjadi satu pada bagian pucuk-pucuk tanaman. Mahkota bunga berjumlah empat dan tersusun memutar serta diameter mahkota bunga atau corolla dapat mencapai hingga 2,5. Bagian mahkota bunga pada tanaman ini terdapat suatu ruang kecil seperti tabung sempit. Di dalamnya terdapat cairan yang manis seperti madu yang sangat di sukai anak-anak. Bunga soka jawa memiliki waktu mekar yang cukup lama bunga ini juga menjadi corak batik khas Kota Pekalongan dan bunga soka banyak menarik kupu-kupu. 
Sambang darah

Sambang darah adalah perdu kecil dengan tinggi 0,5 m hingga ± 3 meter. Batangnya berkayu, dengan percabangan yang sangat banyak. Manakala digores, dia akan mengeluarkan getah putih yang beracun. Mempunyai ranting-ranting yang beruas dengan warna hijau-keunguan. Daunnya  tunggal dan agak panjang, dengan letak saling berhadapan, atau berselang-seling. Daunnya berbentuk jorong sampai lanset memanjang, ujung dan pangkalnya meruncing, tepinya bergerigi dengan tulang daun yang menyirip dan menonjol permukaan bawahnya. Berukuran 4 - 15 cm × 1,5 - 4,5 cm. Warna daunnya di bagian atas hijau tua, dan bawahnya merah gelap.

Gandarusa
Gandarusa merah merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bentuk batang lebih kuat daripada tanaman bayam pada umumnya. Dengan batang yang agak berkayu memungkiunkan tanaman hias dengan daun berwarna merah ini di tanam dengan cara stek pucuk atau pun stek batang.
Tanaman hias gandarusa merah banyak di tanam di pertamanan perumahan, perkantoran maupun objek-objek wisata. Dengan cara menanam tanaman hias di taman akan memberikan nuasan yang berbeda pada ruang tersebut. Mulai dari penampakan dan suasana yang indah terpancar dari keindahan taman tersebut.

Lylyparis



Lili paris adalah nama dari tanamaman hias jenis semak yang biasa digunakan sebagai material pembuatan taman dan dalam aplikasinya digunakan sebagai tanaman semak, baik untuk tujuan border, maupun listing. Tanaman ini sebenarnya sangat mudah utuk perawatannya, dan memiliki nilai artistik yang bagus, sehingga banyak digunakan oleh desainer taman maupun tukang taman dalam pembuatan taman, cocok digunakan untuk taman minimalis maupun tropisChlorophytum Comosum atau Lili Paris Termasuk tanaman hias yang populer, karena relatif cepat tumbuh dengan warna daun yang menarik. Apabila sudah cukup dewasa, dari sela daunya akan tumbuh tunas yang panjang, pada bagian ujungnya terdapat tumbuhan muda berupa tunas yang dilengkapi dengan tunas tunas akar,bila ujung tunas ini mencapai tanah maka akarnya akan segera menempel dan masuk ke dalam tanah lalu menjadi tanaman baru.
Lili Paris  adalah tanaman yang berasa dari Afrika Selatan. Tanaman ini sangat bagus bila ditanam di pinggir taman anda atau di dalam pot, bila tanaman digunakan sebagai tanaman gantung kondisi ini akan membuat bentuk tanaman Lili Paris menjadi sangat cantik. Tanaman ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungannya, bisa tumbuh di tempat yang panas, sejuk, terkena sinar matahari langsung ataupun tempat yang terlindung dan Tanah yang disukainya adalah tanah liat.  Perbanyakan Lili Paris bisa dilakukan dengan Generatif yakni perbanyakan dengan tunas yang keluar dari stolen, atau dengan Vegetatif perbanyakan dengan pemisahan anakan.

Bromolia
Banyak Bromelia yang menarik untuk dibudidayakan. Daun yang beraneka warna dan corak daun yang mempesona membuat tanaman ini disukai sebagai tanaman hias daun. Beberapa Bromelia memunculkan bunga dengan bentuk dan bunga yang atraktif, ada pula yang daunnya indah, ditamabah dengan bunga yang cantik. Khusus untuk Ananas, buahnya bisa dimakan. Kebanyakan Bromelia tumbuh dengan daun roset dan biasanya tanpa batang. Ukuran tanaman sangat bervariasi, dari yang sangat kecil, yaitu Tillandsia, hingga yang paling besar, yaitu Puya raimondii. Tinggi tanaman yang disebut terakhir ini dapat mencapai 10 meter. Di alam bebas Bromelia tumbuh pada lingkungan yang variatif, kebanyakan tumbuh pada pepohonan sebagai tanaman epifit. Ada juga yang tumbuh di tanah dan bebatuan.

Pangkas Kuning



Jenis tanaman pangkas kuning adalah tanaman semak yang memang ideal untuk tanaman pangkas. percabanganya rapat dan pertumbuhanya cepat. Membuat tanamn ini luwes dipangkas untuk membuat ornamen dalam taman, Namun ia juga mempunyai kelemahan, yatu ketika tinggnya sudah lebih dari 75cm. Biasanya percabanganya bagian bawahnya kosong atau tidak rapat lagi. Oleh karena itu, jika kita ingin tanaman pagar atau ornamen bentuk yang tingginya lebih dari 75 cm, sebaiknya menggunakan tanaman lain, misalnya teh - tehan (Acalypa Microphylla).

Rewolia



Tanaman rewolia mini merupakan tanaman pemanis yang banyak di gunakan sebagai taaman hiasan kecil, tanaman ini memiliki bunga yang cantik,serta beragam warnanya, Selain warna ungu ada juga warna pink,dan putih.jenis tanaman ini adalah tanaman yang lama tingginya,,
selain itu tanaman ini juga sangat cocok di iklim tropis..tanaman ini juga tidak memerlukan banyak air untuk penyiraman.

Tentunya masih banyak lagi jenis jenis tanaman pemanis yang belum sempat kami tulis pada artikel ini, namun tentunya dari sebagian tadi bisa anda coba untuk menanan pada lahan atau halam di rumah anda agar tetap telihat asri, namun bila anda tidak ada waktu untuk membuat atau menanam sendiri, anda bisa menghubungi kami Tianggadha_Art sebagai penyedia jasa layanan pemasangan taman, jadi tunggu apa lagi segera hubungi kami!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar