Skip to main content

Jenis Tanah Untuk Taman Dan Harganya

Jenis Tanah Untuk Taman Dan Harganya sering terkait erat dalam satu paket pertanyaan bila berhubungan dengan pekerjaan taman. Salah satu kebutuhan utama dalam pembuatan taman adalah memperoleh media tanah yang baik, hampir ideal dan subur untuk memenuhi syarat-syarat supaya agar tanaman dapat tumbuh subur dan sehat. 

jenis tanah taman untuk taman
jenis tanah taman untuk taman 

Syarat syarat tanah taman yang bagus adalah tekstur yang tepat untuk mengalirkan cukup udara (untuk dapat tumbuh akar tanaman memerlukan oksigen). Peringkat kesuburan yang memadai seperti ruang udara dan pori-pori air yang cukup. Bebas hama misalnya jenis hama nematoda perusak dan penyakit jamur patogen.
Sayang tidak ada Jenis Media Tanah Untuk Taman yang ideal seperti itu, dan jika ada sangat mungkin tidak ada di halaman rumah yang akan di buat taman. Karena itu media tanah perlu diperbaiki dan di tambah agar diperoleh kondisi yang tepat supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik. Tapi sebenarnya ada jenis tanah yang hampir sempurna untuk taman yaitu tanah lembang Bandung namun tentunya harganya sangatlah mahal.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis tanah yang umum dan lazim berada di lingkungan kita dan itu biasanya untuk aplikasi taman. Ada empat jenis tanah yang perlu anda ketahui yang ada disekitar kita. berikut ini jenis jenis tanah tersebut:

1. Tanah berpasir adalah tanah yang sebagian besar terdiri atas pasir.  Partikel-partikel pasirnya berukuran lebih besar dibandingkan partikel pasir dalam tanah jenis lain.  Seperti ini tidak mampu menyimpan air dalam jangka waktu lama. Jika disiram atau di pupuk,  sebagian besar air atau pupuk akan mengalir keluar. Karena itu tanah berpasir miskin hara dan mempunyai tingkatkan dengan harga yang sangat rendah.

Untuk memperbaiki tanah berpasir,  ditambahkan beberapa bahan organik,  misalnya kotoran hewan tubuhku kandang,  koko pit vi atau bubuk sabut kelapa,  sekam,  kompos yang terbuat dari sampah dapur  atau atasan yang diambil dari lokasi lain.  Dengan dicampur bahan-bahan tersebut kemampuan tanah berpasir menyimpan air  meningkat,  sehingga kelembaban internal tanah bertambah dan mengurangi aliran pupuk keluar.  Dengan kata lain mencegah terjadinya pencemaran air dalam lingkungan.

jenis jenis tanah taman di sidoarjo
jenis tanah berpasir untuk taman 

2. Tanah bergeluh mengandung banyak bahan organik hampir sama banyaknya dengan kandungan partikel pasir dan lempungnya.  Karena itu tanah bergek luh merupakan media tanam yang hampir ideal bagi tanaman hias.  Kemampuannya menyimpan air sangat baik, sehingga pupuk tidak mengalir keluar dan dapat dimanfaatkan oleh akar sebagai sumber hera.  Udara dan pori-pori nya suku banyak untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Lazimnya tanah bertelur gak perlu ditambah bahan organik lainnya,  hanya secara berkala perlu diperkaya dengan pupuk komersial atau pupuk kandang untuk mempertahankan tingkat kandungan hara yang diperlukan dalam tanah itu.

jenis tanah untuk taman
jenis tanah bergeluh untuk taman 

3.  Tanah humus adalah tanah yang mengandung banyak bahan organik yang sebagian besar mudah terurai. akumulasi bahan organik dari pepohonan dan daun daunan,  yang masih belum terurai sempurna sehingga masih dapat dikenali seperti serpihan daun, ranting, batang pohon lapuk yang biasanya tidak mengandung tanah sama sekali  dan sulit dibasahi bila kering.

jenis tanah untuk taman
jenis tanah humus untuk taman 

4.  Tanah lempung adalah tanah yang hampir tidak mengandung partikel pasir kebanyakan dijumpai di daerah rendah.  Tanah lempung lebih besar dan lebih padat namun nyaris tidak mempunyai ruang udara dan pori sehingga pertukaran udara sangat sulit terjadi di dalamnya. Air sulit menembus tanah lempung sehingga hujan lebat menimbulkan genangan di atasnya. 

Ruang udara terus menerus terisi air sehingga tidak tersedia cukup oksigen yang diperlukan bagi pertumbuhan akar. Karbon dioksida nya yang dihasilkan juga sulit keluar atau masuk tanah lempung. Sehingga Lambat laun karbondioksida akan mengalir keluar atau dimanfaatkan oleh organisme mikro lain yang terdapat dalam tanah itu sendiri.

tanah taman yang umum di pakai taman
jenis tanah lempung untuk taman 

Membuat taman dengan tanah lempung harus diperbaiki terlebih dahulu. caranya adalah dengan menambahkan bahan organik seperti bubuk sabut kelapa dan bahan organik terurai lainnya sama seperti yang diperlukan oleh tanah berpasir.

Bahan untuk memperbaiki kondisi tanah

Apa bedanya menambahkan  cocopeat, sekam bakar atau bahan organik terurai lainnya ke dalam tanah berpasir dan kedalam tanah lempung?  menambahkan bahan organik ke dalam tanah berpasir adalah untuk meningkatkan kapasitas tanah menyimpan air.  Sedangkan menambahkan bahan organik ke dalam tanah lempung adalah untuk memperbaiki aerasi dan drainase nya, bukan untuk meningkatkan kemampuannya menyimpan air yang sudah jenuh.

Dengan kata lain walaupun kita gunakan bahan yang sama seperti bubuk sabut kelapa jika ditambahkan pada macam tanah yang berbeda,  fungsinya akan berbeda pula. Hal itu penting untuk anda pahami,  agar tidak menimbulkan kerancuan dalam ingatan anda sendiri. Tolong dicatat bahwa tidak disarankan menggunakan serbuk gergaji sebagai bahan penambah untuk memperbaiki kondisi tanah. Serbuk gergaji mengandung banyak selulosa yang mengundang rayap.

Di dalam tanah kotoran rayap diuraikan menjadi bahan  organik oleh bakteri pembusuk, untuk proses tersebut diperlukan nitrogen sehingga kandungan dalam tanah nitrogen nya menipis, Nitrogen yang tersedia bagi akar tumbuhan jadi berkurang.  Kejadian itu lazim disebut persaingan bakterial dan mengakibatkan tanaman menguning akibat kekurangan nitrogen.

Harga Tanah Taman Surabaya

Dalam proses mengerjakan pembuatan taman, yang utama ataupun dasar adalah pengadaan tanah taman sebagai media tanam atau juga sebagai pembentuk kontur seperti gunungan area taman. karena begitu vitalnya kebutuhan tanah taman sehingga untuk harga pada wilayah atau tempat lain akan berbeda-beda, misalnya untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya dijual dengan patokan per truk, tentunya berbeda dengan harga tanah taman di Semarang atau harga di jakarta.

Untuk harga tanah taman Surabaya dan sekitarnya kisaran Rp1.350.000 belum termasuk ongkos kuli Donak (kuli memasukkan tanah ke area lokasi yang akan dibuat taman). atau bisa juga di konversi dengan harga kubikasi yang rata-rata per kubik Rp 250.000. Untuk lebih rinci mengenai harga tanah taman di Surabaya akan kita ulas pada artikel yang lainnya jadi untuk artikel kali ini kita bahas jenis jenis tanah nya saja.


  • Harga Tanah Taman di Sidoarjo Rp 1.300.000/dump truk (6 M3)
  • Harga Tanah Taman di Gresik Rp 1.200.000/dump truk (6 M3)
  • Harga Tanah Taman 1 colt pick up area Surabaya, sidoarjo, Gresik dan sekitarnya kisaran Rp 500.000 - 750.000.
Sebagai penutup dan kesimpulan pada artikel ini sebelum anda membuat taman alangkah baiknya bila kita mengenali jenis media tanah untuk taman yang akan dibuat landscape di halaman rumah tempat tinggal. dengan mengenal Apa yang akan kita kerjakan ataupun media yang akan kita aplikasikan nanti akan menghasilkan produk yang yang lebih bagus dan maksimal.

jasa tukang taman surabaya tianggadha art
jenis tanah untuk pemasangan taman
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art