Skip to main content

Jasa Tukang Taman Minimalis

Bagaimana Merancang Taman Minimalis bisa dengan mudah meski luas tanah tersedia lebih kecil dari teras atau halaman luar pagar, Kami yakin Anda tetap dapat membuat desain taman yang menarik dan menyejukkan meski terkendala terbatasnya lahan yang akan dibuat taman, karena konsep taman minimalis bisa kondisional bisa menyesuaikan lokasi dan lebih simpel. Namun Anda juga tentunya harus mengetahui apa saja yang perlu diketahui dalam membuat taman minimalis agar tampilan yang dihasilkan kelihatan berkelas.
https://www.tianggadha.com/2020/12/jasa-tukang-taman-minimalis.html

Dalam membuat taman khususnya model taman minimalis, tentunya banyak hal yang ikut berperan dalam terbentuknya model taman tersebut. Berbagai unsur dan penunjang pembuatan taman tentunya wajib diketahui atau setidaknya paham bagaimana definisi taman, karakter tanaman dan tentunya media tanaman agar bisa tetap tumbuh setelah dibuat. Tianggadha Art akan mengulas sedikit tentang apa saja yang perlu diketahui ketika Anda ingin membuat taman minimalis.

Definisi Taman Minimalis

Yang pertama pada artikel kali ini kami, sebagai penyedia Jasa Tukang Taman yang tentunya juga sebagai Jasa Tukang Taman Minimalis Surabaya akan mengupas tentang apa itu Taman Minimalis dan bagaimana cara membuat dan merawat taman minimalis.



Kata Desain memiliki arti konsep, rancangan atau pola. Dan yang dimaksud dengan desain taman adalah bagaimana cara merancang sebuah taman baik berupa visual atau sekedar ide. Karena Desain taman sendiri merupakan bagian dari disiplin ilmu tata ruang atau planologi. Yang artinya, desain taman memiliki arti pengelolaan dan pengaturan konsep dalam suatu ruang atau di dalam ruangan.

Sedangkan kata minimalis adalah suatu aliran dalam seni rupa atau juga bisa dalam bentuk seni bangunan yang diwujudkan sebagai sesuatu yang simpel, sederhana dan tidak terlalu banyak pola atau variasi. Model minimalis umumnya diterapkan untuk tampilan facade bangunan baik dari sisi eksterior maupun interiornya.

Tapi jangan salah, Meski disebut minimalis, Taman Minimalis Yang Lebih Simpel justru kadang biaya yang dibutuhkan bisa lebih besar dari yang umum dipakai. Karena rumah minimalis biasanya menggunakan bahan-bahan yang relatif lebih mahal dan materi interior berharga mahal karena akan tampak nilai seni di dalamnya. Semua itu demi menonjolkan sisi minimalis dalam gaya penataan bangunan atau taman yang menyertainya.

Jadi, arti dan pengertian umum dari desain taman minimalis itu adalah suatu rancangan sebentuk taman yang mengadopsi gaya minimalis dalam penataannya.

https://www.tianggadha.com/2020/12/jasa-tukang-taman-minimalis.html

Prinsip Taman Minimalis

Taman minimalis dalam proses pembuatannya memiliki empat prinsip yang harus diperhatikan. Yakni : tema, kontras, gradasi dan kontrol. Keempatnya adalah pedoman yang harus diikuti agar tampilan taman minimalis terlihat berkarakter dan menarik. Keempat prinsip tersebut adalah ibarat pakem yang harus di patuhi untuk mendapatkan suatu konsep taman minimalis yang asri dan berselera tinggi.
Keempat prinsip dari desain taman minimalis dapat Anda simak sebagai berikut :

  • Tema, maksudnya adalah pola dasar dari elemen pembentuk taman secara menyeluruh. Tentunya ketika kita sedang berencana membuat sesuatu, yang pertama kita pikirkan adalah tema, mau dibuat seperti apa atau di atur mengikuti gaya apa, Contohnya adalah taman bergaya tropis.

  • Gradasi. Dari pengertian katanya pasti Anda sudah menebak. Gradasi adalah penyatuan dari berbagai aneka warna yang secara prinsip umum ada pada semua seni, baik seni rupa, seni lukis, seni suara, maupun seni landscape. Yang maksudnya adalah ritme, jenjang, pergeseran, level, tingkatan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh yang umum pada penataan tanaman adalah, menanam sebuah perdu berwarna hijau tua, hijau tosca dan hijau pucat, akan menimbulkan efek gradasi bagi mata yang memandang. Jadi kesan yang ditampilkan akan terlihat seni menata taman eksklusif.

  • Kontras, adalah unsur pemberi warna yang berbeda, pembentuk perhatian atau dalam kata lain sebagai titik fokus pada taman sebagai sisi aksentuasi. Anda mungkin pernah mendengar istilah point of interest? Ya Itulah kontras, atau point of interest pada sebuah taman. Contohnya seperti meletakkan sebuah patung di tengah-tengah taman, sebagai fokus dari taman yang dibuat tersebut atau juga bisa dengan tanaman besar yang unik dan menarik pada area taman.

  • Kontrol. Yaitu unsur penyeimbang, keserasian, pengendali agar tak terlihat berlebihan dan justru jatuh pada kesan terlalu ramai dan tak bertema. Kontrol adalah suatu keharmonisan. Tujuannya adalah segala elemen tertata secara harmonis pada desain taman minimalis Anda. Contohnya : memadukan tanaman yang berbeda bentuk dan ukuran atau juga bisa misalnya meletakkan jenis tanaman yang tumbuhnya lambat di depan tanaman lainya yang perkembangannya cepat.
https://www.tianggadha.com/2020/12/jasa-tukang-taman-minimalis.html

Media Penempatan Tanaman

Ada dua jenis penempatan dalam pengisian lahan pada Taman Minimalis. Yaitu taman minimalis dengan penempatan penanaman langsung. Artinya, tanaman tersebut langsung ditanam pada tanah. Pada taman minimalis dengan penempatan penanaman langsung yang harus Anda perhatikan adalah kondisi tanahnya. Tanah harus dalam keadaan gembur, dan siap untuk ditanami.

Yang kedua adalah taman dengan penanaman tak langsung atau menggunakan media sebagai media tanamnya. Taman minimalis dengan penempatan penanaman tak langsung, atau menggunakan media tanam seperti pot, polybag ataupun tong, yang perlu Anda perhatikan adalah kombinasi antara tanah dengan airnya cukup balance. Jangan sampai tanah terlalu kering, ataupun terlalu basah yang dapat menyebabkan tanaman Anda menjadi terganggu pertumbuhannya kemudian mati.

Karakter Taman Minimalis

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah Taman Minimalis juga memiliki karakter dalam konsep desainnya. Karakter taman hanya ada dua, yakni taman berkarakter formal dan yang informal.
  1. Desain taman minimalis formal, lebih menonjolkan pola penataan tanaman yang simetris, patuh pada aturan dan pakem, serta kadang bersifat agak kaku. Elemen tanaman yang dipakai pun biasanya yang mempunyai kesan formal, seperti palem kipas dalam sebuah media pot keramik besar.
  2. Desain taman minimalis informal, lebih menyentuh sisi-sisi yang alami. Pola yang dibentuk mengusung kesan liar jadi secara umum bisa dikatakan tidak bertema dan terkesan liar. Tanaman yang digunakan pada umumnya memiliki bentuk alami serta tidak kaku. Seperti tanaman rambat yang menopang landscape keseluruhan tampilan taman minimalis tersebut.
Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam merancang konsep taman minimalis, selanjutnya bagaimana cara membuat taman minimalis agar menghasilkan tatanan taman yang asri dan elegan bisa kita bahas pada artikel berikutnya. Bila Anda membutuhkan JasaTukang Taman Minimalis segera hubungi kami, Tianggadha Art ke nomor kontak berikut 081232873316 dan 081334433394.

kontak tianggadha art
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art