Skip to main content

Tips Tukang Taman Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Berpuasa

Pada saat bulan puasa tentunya kebutuhan juga akan semakin banyak seiring mendekatnya hari lebaran. Kita dituntut tetap giat bekerja meski kita juga tetap berpuasa karena tuntutan usaha dan tentunya ibadah. Terus bagaimana menjalani dua ibadah dalam waktu bersamaan? ini Tips Tukang Taman Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Berpuasa bisa anda praktekan

tukang taman surabaya
tukang taman surabaya
Bulan Ramadhan telah tiba, ya bulan suci bagi kita umat Islam yang segala amal akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Bekerja selama bulan puasa selalu memiliki kenikmatan dan juga tantangan tersendiri. Karena disaat bulan puasa inilah kita suka mengeluh ataupun lemas saat bekerja. Sebagai penyedia jasa pembuatan taman yang sebagian besar pekerjaan dilakukan banyak mengandalkan kekuatan dan tenaga yang cukup besar sehingga cukup menguras stamina, tentunya kepatuhan dan ketaatan terhadap Allah di uji ketika saat bekerja di bulan Ramadhan ini.

Poin penting dari bulan ramadhan adalah ibadah yang rutin dan tidak bolong dalam menjalankan puasa sebagai bukti kepatuhan kepada Rabb kita. Jika sebelumnya kamu sulit untuk beribadah secara rutin karena terkendala bekerja yang terlalu berat, maka karena ini adalah bulan yang tepat untuk kamu memperbaiki ritme beribadah dan lebih mendekatkan diri kepada Illahi.

BACA JUGA

memilih-jasa-tukang-taman-yang-benar.
lima-ide-unik-untuk-membuat-taman
tips-mudah-mendesain-taman-halaman-sendiri

Namun jangan khawatir, untuk anda kami mencoba memberikan 6 tips untuk tetap semangat bekerja selama bulan puasa. kepada anda yang terutama sesama pekerja berat seperti kami penyedia jasa tukang taman surabaya, berikut ini tips tukang taman agar tetap semangat bekerja saat berpuasa yang bisa anda coba:

1. Niat Yang Kuat


Miliki niat yang kuat untuk bekerja dengan semangat dan tetap optimis. Meski tantangan di bulan puasa bertambah dengan harus tetap menjalankan kewajiban agama, seperti menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu, dan lainnya, pastikan kamu tetap memiliki niat berpuasa untuk bekerja dengan semangat. Ketika kamu sudah memiliki niat yang kuat untuk berpuasa sambil bekerja, tips-tips berikutnya akan dapat kamu praktikkan dengan mudah. Ingat! Innama a'malu binniat segala sesuatu dimulai dengan niat.

2. Perhatikan Porsi Makan Saat Sahur


Yang perlu diperhatikan ketika anda sahur dan berbuka puasa, Anda sedang mengisi energi. Namun, bukan berarti porsi makanan yang Anda ambil harus berlebihan atau kekenyangan. Untuk sahur, makanlah secukupnya, karena makan berlebihan akan membuat anda malah mengantuk dan lemas. Pilih menu-menu yang seimbang, dalam artian mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Terutama makanan yang mengandung serat akan dapat membantu menahan rasa lapar. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah tapi tetap jangan berlebihan

tukang taman surabaya
tukang taman surabaya

3. Hindari Konsumsi Cafein di Bulan Puasa


Cafein atau istilah umumnya ngopi di hari biasa mungkin dapat memberi anda kesegaran, terutama saat mengantuk. Namun di bulan puasa, hindari mengonsumsi kafein di saat buka puasa dan sahur, karena dapat meningkatkan asam lambung anda dan membuat anda sakit, jadi pastikan bekerja selama bulan puasa tidak mengkonsumsi kafein pada saat sahur. Lebih baik tidur atau istirahat kalau lelah dan mengantuk.

4. Atur Jam Tidur Yang Benar


Ada dua jadwal tidur yang perlu anda atur saat bulan ramadhan. Pertama adalah saat malam, jika kamu punya kebiasaan tidur larut malam, lebih baik kamu hindari di bulan puasa ini tapi tetap sempatkan lakukan tadarus. Cobalah tidur lebih awal karena kamu akan bangun lebih awal dari bulan-bulan lainnya. Ingat! Jangan sampai begadang sampai sahur. Kedua adalah saat setelah sahur dan salat subuh. Ada baiknya kalau anda tidak melanjutkan tidur, karena bisa-bisa anda malah merasa tidak segar ketika terbangun meskipun resiko sering sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Lebih baik anda mengisi waktu dengan berolahraga atau refreshing atau bisa juga anda berangkat ketempat kerja jika waktu kerja anda di pagi hari, seperti jam 7-9.

5. Jaga Kesehatan Tubuh


Anda pemilik tubuh anda sendiri, kenali kapasitas tubuhmu sendiri. Hindari makanan yang tidak menyehatkan, kegiatan yang tidak mendukung produktivitas sebisa mungkin jangan dilakukan, hemat tenaga dalam bekerja atau beraktivitas yang berlebihan dan lainnya yang sekiranya terlalu menguras tenaga. Jika badanmu sehat, maka pekerjaan apapun dapat kamu lalui dan kamu dapat berkontribusi lebih maksimal dan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas meskipun sedang berpuasa.

6. Ikhlas Beribadah


Poin terakhir dari tips ini adalah keikhlasan menjalankan ibadah puasa. Lakukan dengan niat yang sungguh-sungguh bekerja untuk mendapatkan materi dunia tanpa meninggalkan kewajiban beribadah untuk mendapatkan pahala akhirat. Karena dengan keikhlasan menjalankan bekerja sambil berpuasa pun akan terasa ringan dan menyehatkan.

tukang taman surabaya
tukang taman surabaya
Sebagai penutup, tetap jaga kesehatan ditengah pendemik wabah covid-19 atau corona virus. Jaga jarak saat berinteraksi, jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak. Perhatikan kebersihan diri dan juga istirahat yang cukup. Lebih ditingkatkan ibadahnya terutama bulan ramadhan dan semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kesabaran untuk terus bertahan menghadapi krisis global ini. 
Demikian tips dari kami Tianggadha_Art Tukang Taman Surabaya yang bisa anda coba terapkan agar tetap semangat bekerja selama bulan puasa.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar