Skip to main content

Ornamen Tambahan Untuk Akses Menikmati Taman

Dalam membuat taman pada halaman rumah Anda, terlebih lagi bila lokasi taman pada halaman yang cukup luas yang perlu di pikirkan adalah akses untuk dilalui pada area taman, terlebih lagi dibutuhkan pada saat penyiraman pada taman tersebut agar memudahkan ketika beraktivitas baik dalam perawatan taman atau sebagai penghubung dari ujung taman ke tempat area lain di sekitar taman tersebut. Untuk itu perlunya setapak jalan atau pijakkan pada taman tersebut sebagai fitur atau ornamen tambahan untuk akses menikmati taman

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis ornamen setapak jalan untuk akses menikmati taman

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis batu sikat untuk akses menikmati taman

Jika tak mau kaki Anda jadi kotor terkena tanah atau merusak rumput saat melintasi taman yang ada di rumah, maka solusinya adalah membuat jalur selasar dalam taman. Tak hanya mampu menjangkau seluruh area taman dengan lebih nyaman, kehadiran jalur selasar ini bisa mempercantik penampilan taman. Selain itu nanti juga bisa berdampak kerusakan pada rumput yang terlalu sering di injak sebagai jalanan karena tanah pada lokasi yang dipijak akan semakin keras dan tidak subur lagi

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis batu setapak untuk akses menikmati taman

Pada dasarnya ada 2 macam jalur selasar yang bisa dibuat dalam taman, yaitu jalan setapak dan pijakkan. Jalan setapak berupa jalur utuh yang tak mudah di pindah-pindahkan dan lebih permanen. Sementara pijakkan umumnya terdiri dari bagian-bagian yang terpisah, yang membentuk satu rangkaian jalur. Umumnya material setapak dihamparkan begitu saja di atas permukaan tanah taman tanpa harus diperkuat dengan semen atau sejenisnya.
BACA JUGA

Sedikitnya perlu kami sampaikan bocoran yang bisa saya bagi untuk Anda bagaimana memakai dan mencari tukang taman yang benar dan layak untuk Anda ketahui, simak ulasan kami di artikel tips memilih jasa tukang taman.

Ada beragam jenis material yang dapat digunakan untuk membuat jalan setapak ataupun pijakan. Namun, material alami seperti batu alam, batu paving serta potongan-potongan kayu yang paling sering dijumpai terpasang pada area taman

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis grasblock untuk akses menikmati taman

Ragam batu alam yang bisa Anda pilih pun banyak sekali. Di antaranya adalah batu andesit, batu paras, batu candi, batu kali, dan batu koral. Ada yang telah dibentuk dengan ukuran-ukuran tertentu seperti persegi panjang maupun bujur sangkar, dan ada pula yang dibiarkan dalam bentuk alaminya. Menariknya, antar batu tersebut bisa saling di padu padan kan.

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis batu lempeng untuk akses menikmati taman

Sebagai contoh, di sela-sela batu andesit yang dipasang tak saling menempel satu dengan lainnya diisi dengan batu koral. Juga bisa ditaburkan di sepanjang tepi kiri dan kanan batu andesit yang telah disusun membentuk jalan setapak.

Tak kalah dengan batu alam, batu paving pun juga banyak sekali ragamnya. Ada yang benar-benar padat dan ada juga tidak, seperti grass block di mana rumput bisa tetap tumbuh di sela-selanya. Sehingga terkesan menyatu dengan rumput atau ground cover taman.

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis batu alam untuk akses menikmati taman

Anda bisa kunjungi dan lihat beberapa contoh gambar pada Galeri Taman yang mungkin bisa memberikan sedikit tambahan ide dalam membuat taman.

Kayu pun tak kalah oke untuk dipilih sebagai material jalan setapak atau pun pijakkan, karena akan memberi kesan alami taman. Kayu yang dipilih bisa yang sudah berbentuk potongan-potongan panjang untuk dek jika hendak membuat jalan setapak. Sedangkan untuk setapak, batang kayu yang dipotong melintang akan sangat pas meski tak mudah untuk mendapatkannya.

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis batu sikat untuk akses menikmati taman

 Yang penting, kayu yang dipilih haruslah kayu yang tahan terhadap cuaca, terutama hujan dan panas. Kayu dengan kualitas nomor satu seperti kayu ulin, bangkirai, dan merbau sangat cocok untuk penggunaan di luar ruang.

Semoga sedikit artikel mengenai pengertian tentang taman bisa menambah sedikit ilmu bagi kita, terima kasih atas kunjungan Anda dan bila Anda membutuhkan jasa dan pekerjaan pembuatan taman hubungi kami jasa pembuatan taman surabaya Tianggadha Art nomor kontak di bawah ini.

jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
jenis ornamen tambahan untuk akses menikmati taman
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art