Pembuatan Taman Sesuai Fungsi Dan Kebutuhan

Pembuatan Taman Sesuai Fungsi Dan Kebutuhan.


Sering kita mendengar bahkan dalam kehidupan sehari hari juga mengucapkan kalimat dengan kata taman, apalagi bagi sebagian orang yang aktifitasnya bergelut dengan pekerjaan yang masih berhubungan dibidang tersebut, semisal tukang taman, desain taman juga jasa taman atau kalimat lain sebagai penghubung dengan kata taman. Tapi apa sih sebenarnya makna kata taman itu bila?. Kali ini Tianggadha-Art akan membahas bagaimana membuat taman sesuai fungsi dan kebutuhan.

Kutipan yang saya ambil dari Wikipedia pengertian taman adalah Sebuah area, tempat ataupun lokasi yang  sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia didalamnya berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainya, yang dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar baik didalam maupun diluar ruangan.

Dengan kata lain yang lebih spesifik,  taman adalah suatu tempat menata ataupun menyusun berbagai jenis tanaman yang dipadu padankan  dengan berbagai macam media serta eleme-elemen tambahan dan juga unsur lainya sehingga tercipta kesejukan, keindahan serta kenyamanan baik itu di dalam maupun diluar ruangan. Berbagai macam media yang sengaja ditata oleh manusia untuk membentuk sebuah kata tempat yaitu taman!.
Tahukah anda taman sendiri terbagi dalam dua elemen yaitu :

Elemen lunak (softscape)


-Segala jenis tanaman dari pohon, bunga.rumput dan juga semak

Elemen keras (hardscep)

-kolam, gacebo, dekorasi, patung, setapak jalan, lampu taman, batu batuan, drainase, bangku, ayunan dll

Sebagaimana tadi  pengertian taman adalah penataan yang dilakukan oleh manusia yang pada dasarnya disusun karena bertujuan untuk kebutuhan yang disesuaikan dengan fungsi, juga menyesuaikan dengan area  taman itu sendiri. Pada akhirnya taman dibagi lagi menjadi berbagai fungsi menurut kebutuhan, beberapa fungsi yang antara lainnya;

-Fungsi Kesehatan
-Fungsi Estetika
-Fungsi Berolah Raga dan Nilai nilai Edukatif
-Fungsi Rekreasi
-Fungsi Hidrologi dan Ekologi

Karna disesuaikan dengan ruang ataupun lokasi, pada akhirnya taman terpecah lagi menjadi berbagai jenis atau model  yang disesuaikan dengan keinginan manusia, dengan berbagai gaya ataupun model taman. Taman sendiri dapat mencitrakan produk kebudayaan suatu tempat ataupun daerah bahkan mampu menjadi ciri khas suatu negara dan disamping itu taman juga bisa mencirikan sebuah ekosistem. Model maupun jenis taman menurut ekosistem dan kebudayaan diantaranya adalah;

Taman Eropa



Berbeda dengan jenis taman sebelumnya, taman Eropa merupakan jenis taman dengan desain yang cukup kompleks. Penggunaan tanaman bunga dengan warna yang beragam dipadukan dengan ornamen-ornamen khas taman-taman di Eropa merupakan ciri dari taman jenis ini. Dari segi luas area, taman Eropa biasanya memiliki luas area yang lebar.

Taman Jepang


Sesuai dengan namanya, taman jepang merupakan jenis taman yang diadaptasi dari Negeri Matahari Terbit. Taman jenis ini tentu saja memiliki ciri khas berupa tanaman dan ornamen khas jepang seperti bonsai, bambu, lonceng angin, batu dan kolam ikan koi. Banyak juga hardmaterial yang bermain dalam sistem penataannyap. Taman Jepang sangat sesuai untuk rumah minimalis dengan catatan penggunaan ornamen-ornamen yang tidak terlalu kental.

Taman Bali


Taman Bali adalah salah satu konsep taman dalam negeri yang sangat diminati saat ini. Terinspirasi dari kebudayaan masyarakat Bali, penggunaan gazebo, patung, kolam dan pintu gerbang khas arsitektur Bali merupakan hal yang wajib dimiliki. Yang perlu diingat, taman Bali memiliki karakter yang sangat kuat sehingga tidak semua rumah dapat dipadukan dengan taman jenis ini. Jenis tanaman yang ditonjolkan adalah pohon Kamboja, puring, pisang Bali ataupun pohon kelapa gading.

--Taman Klasik


Taman klasik merupakan jenis taman dengan desain yang banyak digemari di masa lalu. Berbeda dengan taman minimalis, area taman jenis ini biasanya lebih luas dengan tanaman pohon di dalamnya seperti pohon palm. Selain sebagai sarana memperindah rumah, taman klasik biasanya dapat digunakan sebagai sarana bermain mengingat luas areanya yang cukup mendukung.

-Taman Mediterani


Taman Mediterania adalah salah satu yang paling sesuai untuk dipadukan dengan rumah bergaya minimalis. Beberapa jenis tumbuhan yang dapat di tanam untuk taman jenis ini adalah Agave, Yucca, Nolina dan Sikas. Penggunaan ornamen-ornamen seperti lampu taman, patung, pot dengan penyangga (stand), kolam ikan, dan batu koral merupakan elemen utama daritaman Mediterania. Taman jenis ini biasanya cenderung sederhana (simple) dan bersifat lebih simetris bila dibandingkan dengan taman jenis lain.

Taman Minimalis


Salah satu tolak ukur yang dapat digunakan untuk menentukan apakah sebuah taman merupakan taman minimalis atau bukan adalah luas taman dan penggunaan ornamen-ornamen di dalamnya. Jika taman yang dibangun tidak begitu luas dengan ornamen-ornamen yang cukup sederhana, maka taman tersebut dapat digolongkan sebagai taman minimalis. Bisa juga karena pemakaian jenis tanaman tidak banyak hanya memakai rumput saja dan tanaman kecil di pinggir sebagai bordir tepi taman.

Taman Kering


Taman kering sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan jenis taman yang lain. Taman jenis ini tidak banyak melibatkan unsur air di dalamnya. Jenis tanaman yang digunakan pun biasanya adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh mingingat taman jenis ini biasanya terdapat di dalam rumah. Banyak variasi menggunakan batu batuan maupun kerikil dengan kombinasi warna yang sudah dipunyai pada masing masing batu tadi. Untuk lebih detail mengenai taman kering anda bisa kunjungi membuat-rumah-lebih-stylish-dan-asri dengan taman kering.

Taman Vertikal


Jika kita tidak memiliki lahan yang cukup untuk membangun sebuah taman, taman vertikal merupakan salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan. Dengan konsep taman ini, kita dapat membangun sebuah taman secara vertikal dengan dinding/tembok sebagai area taman. Jenis tanaman yang dapat digunakan untuk taman vertikal biasanya cukup terbatas. Beberapa contoh vertikal garden bisa anda lihat di galeri-pembuatan-vertical-garden.

Sebagai kesimpulan yang perlu digaris bawahi bahwasanya taman adalah produk dari budi dan daya manusia yang mencoba beradaptasi dengan lingkungan, dimana manusia sangat bergantung kepada kelangsungan akan keindahan, kenyamanan juga rasa damai bila menikmati hasil tatanan yang tersusun menjadi sebuah taman.
Semoga sedikit artikel mengenai pengertian tentang taman bisa menambah sedikit ilmu bagi kita, terimakasih atas kunjungan anda dan bila anda membutuhkan jasa desain taman dan pekerja,an pembuatan taman hubungi kami jasa pembuatan taman TIANGGADA_Art, kami selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik dan secara profesional.

Sumber; dari Wikipedia dan hasil browsing

Artikel Terkait