Skip to main content

Cara Membuat Batu Sikat Lantai Carport

Pada dekade terkini rancang bangun seni arsitektur banyak melibatkan unsur seni finishing floor yang kaya inovasi, salah satunya dengan pemakaian batu sikat untuk lantai bangunan rumah. Tianggadha Art sebagai penyedia jasa Tukang Taman Surabaya dan seni desain landscape juga ikut berpartisipasi untuk menciptakan bentuk lantai garasi menjadi semakin penuh pola dan motif yang beraneka ragam.

Ampyangan, batu sikat, Carpot, tukang taman surabaya, jasa Tukang Taman, Desain Taman Surabaya
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art

Sekarang ini sudah banyak di aplikasikan pada lantai di kebanyakan rumah hunian maupun sepanjang jalan pada trotoar di sebagian kota besar, terutama di wilayah surabaya dan sekitarnya. Berbagai motif ampyangan batu coral sikat lantai carport sekarang sudah banyak diterapkan, ada yang motif klasik yang berupa seperti motif ukiran juga yang tak kalah banyak adalah motif minimalis yang berupa garis garis dengan variasi kotak maupun diagonal, untuk itu sebelum membuat dan mengerjakan ampyangan kami sarankan untuk di desain dulu agar sesuai dan akurat dalam mengaplikasikan pembuatan Ampyangan atau batu sikat lantai carport.

Yang lebih penting dalam membuat ampyangan carport adalah pemilihan batu coral sikat yang cocok dan sesuai dengan motif yang di aplikasikan pada lantai, karna bila salah dalam mengkombinasikan batu coral sikat malah bisa membuat motif seni ampyangan itu tidak bisa ditonjolkan sebagai bentuk seni carpot yang bagus.

Pada dasarnya ada keunggulan dan kekurangan dengan pemasangan seni carpot atau yang lebih umum orang menyebut ampyangan, untuk itu saya akan memberi tahukan pada para pengunjung juga pembaca soal keuntungan dan kekurangan mengaplikasikan ampyangan kepada anda sesuai dengan pengalaman kami yang sudah berkecimpung di dalam pembuatan seni ampyangan batu coral sikat lantai carport. Untuk lebih jelasnya kami akan mulai dengan keunggulan seni carport atau ampyangan;

Keunggulan
  • Bisa dibuat motif sesuai selera.
  • Lebih terlihat elegant bila dikombinasi dengan batu alam.
  • Lebih mudah menyesuaikan dengan model rumah.
kekurangan
  • Mudah terlihat retak.
  • Lebih licin bila terkena air dibanding dengan keramik, apa lagi bila level kemiringan lebih dari 30 drajat.
Tapi semua kekurangan dalam pembuatan ampyangan itu ada solusi dan trik dalam pengerjaan dan metode pengaplikasianya bisa lebih diminimalisasikan, untuk membahas lebih lanjut soal bagaimana meminimalisasi kekurangan dalam pembuatan ampyang akan kami sajikan diartikel mendatang.
Sebagai referensi jenis batu coral sikat yang biasa dipasang anda bisa baca artikel mengenai 
Jenis jenis batu sikat lantai carport yang umum di pakai dalam membuat batu sikat lantai carport.

Semoga artikel ini bisa menjadi masukan buat anda yang punya keinginan menbuat seni carpot dirumah anda menjadi sedikit terbantu. Dan bila anda memerlukan info artikel atau gambar, baik taman, desain taman, ampyangan, waterwall dan juga kolam, anda bisa menghubungi Tianggadha Art sebagai penyedia jasa tukang taman surabaya dan desain taman surabaya, kami siap melayani dengan baik dan profesional.

jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art

jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art

jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art

Berikut ini akan kami bagikan kepada anda cara membuat ampyangan atau carport bila anda ingin memasang ampyangan pada lantai carport di rumah anda,!

Salah satu elemen dalam memperindah tampilan rumah dewasa ini banyak aplikasi tambahan pada bagian bagian tertentu seperti pemasangan ampyangan batu coral sikat lantai carport. Untuk itu anda yang ingin mempelajari atau memasang sendiri batu carport simak tulisan ini dengan seksama:

I- Letak

Tahap pertama kita harus menentukan tempat yang strategis, kenapa harus strategis? Karna jika salah menetapkan tempat alhasil pemasangan batu carport akan terlihat kurang maksimal. Saran kami dan biasa kami kerjakan adalah di area lantai garasi atau carport juga di area tempat santai atau juga pada kombinasi setapak di area taman.

II- Alat kerja

Tahapan yang ke 2 siapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang batu carport seperti:

+ Bahan yang dibutuhkan:

1. Gabus / stereofom

2. Batu koral (ada jenis jenis batu yang bisa pasang )

3. Pasir dan semen dan material pendukung lainya

4. Coating plus tinner

+ Alat-alat yang diperlukan:

1. Cangkul atau skop

2. Palu + paku

3. Cetok dan kasutan

4. Benang tampar + spidol + ember

5. Selang timbang dan watter pass

6. Spon atau busa dan kuas.


III- Model atau motif

Untuk tahap yang ke 3 tentukan jenis motif yang ingin dipilih, misalnya begini kalau tipe model rumah anda minimalis pilihlah jenis motif batu carport yang minimalis dan sebaliknya jika tipe model rumah anda klasik, pilihlah jenis motif batu carport yang klasik, karna jenis motif mempunyai pasanganya masing-masing. Sesuaikan luas lokasi dengan model yang akan diaplikasikan dilantai kerja.

IV- Proses kerja

Nah, setelah semua bahan dan alat-alat sudah lengkap kita akan masuk tahap selanjutnya.

Buat adukan pasir semen dilanjutkan pemasangan gabus atau stereofom yang berfungsi sebagai mal untuk pemisah batu dan membentuk model yang kita inginkan.

Setelah semua mal gabus sudah terpasang kita akan langsung ke tahap berikutnya yaitu tahap penaburan batu koral, taburkan batu koral hingga merata diatas adonan semen pasir.

Setelah penaburan sudah selesai kita akan masuk tahap selanjutnya yaitu tahap menancapkan batu yang sudah ditaburkan tadi ke adonan semen pasir, setelah semua batu sudah di tancapkan hingga tidak terlihat, tunggu kering sebentar.


Tahapan selanjutnya adalah pekerjaan menyikat batu koral yang sudah ditancapkan tadi, sikat terus hingga batu koral terlihat kembali tapi saat kita menyikat batu saya sarankan menyikatnya harus pelan-pelan agar batu tidak terlepas dari adonan semen pasir.

jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art

jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art

jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art

Oke, untuk berikutnya siapkan air bersih dan spon atau busa, basahi busa dengan air kemudian peras busa hingga kering dan gunakan busa tadi untuk membersihkan batu dari adonan semen pasir, kami sarankan saat anda mengelap harus benar-benar bersih agar hasil yang di dapat maksimal. Persiapkan juga kasutan dan batu untuk menambal beberapa batu coral yang ikut tersapu spon.

Tahapan terakhir adalah tahap finishing, setelah batu carport sudah jadi dan benar-benar kering, artian kering minimal 3 sampai 4 hari setelah selesai. Siapkan coting (coting adalah cairan pelapis agar batu carport terlihat mengkilat dan pelindung dari kotoran) dan tiner (tiner adalah cairan campuran untuk coting). Cara mengaplikasikan coting ke batu carport dengan menggunakan kuas seperti mengecat pada tembok seperti umumnya.

Demikian tips yang sudah kami bagikan untuk anda bagaimana cara membuat atau memasang ampyangan batu coral sikat lantai carport, semoga anda bisa terbantu dengan adanya artikel ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, apabila anda masih ragu untuk memasang sendiri anda bisa menghubungi kami, karena kami ahli di bidangnya dengan pelayanan profesional dan harga yang bersaing, untuk harga dan biaya pembuatan ampyangan batu sikat anda bisa kunjungi artikel ini harga pasang batu sikat per meter yang mengulas sola harga pemasangan batu sikat.

Sebagai penutup artikel kali ini, suatu tekhnik baru dalam desain lantai yang bisa di ciptakan berbagai motif sesuka yang dikehendaki, banyak varian model bisa dibuat dalam pembuatan batu sikat namun tentunya yang ahlinya. Anda tidak perlu bingung untuk menghadirkan batu sikat lantai carport untuk floor rumah anda, kami Tianggadha Art Tukang Taman Surabaya ahlinya dalam membuat batu sikat di lantai rumah anda, bila membutuhkan anda tinggal hubungi kami di nomor kontak dibawah ini.

jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
jasa tukang batu sikat lantai carport tianggadha art
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Profil Tianggadha

Foto saya
TIANGGADHA_Art - 081232873316 Adalah jasa pembuatan taman (tukang taman) dan kolam hias profesional yang bertujuan menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda. Layanan kami meliputi; Tukang Taman Surabaya, Spesialis Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Jakarta, Pemborong Taman Surabaya, Arsitek Taman Surabaya, Jasa Tukang Taman Surabaya, Tukang Taman, Jasa Pembuatan Taman, Jasa Taman Rumah, Jasa Desain Taman Surabaya, Tukang Taman Sidoarjo, Tukang Taman Lamongan, Tukang Taman Gresik, Tukang Taman Malang, Tukang Taman Pasuruan, Tukang Taman Tuban, Tukang Taman Bojonegoro, Tukang Taman Semarang, Tukang Taman Jawa timur, Kolam Minimalis, Kolam Ikan Koi, Water wall, Relief Tebing, Vertical Garden, Batu Sikat / Carport, Batu Alam Dinding, Gazebo, Ampyangan, Taman Vertikal.

Tukang Taman Surabaya Tianggadha Art