Jasa Design Pembuatan Relief Taman Surabaya

Design pembuatan relief taman memang bisa menambah keindahan taman di rumah Anda. Relief taman biasanya berupa air terjun dengan dekorasi bebatuan dan tebing. Relief seperti ini banyak ditemukan di rumah-rumah mewah dengan taman yang megah. Pemandangan tiga dimensi yang bisa dihasilkan oleh relief seperti ini memang sedap dipandang mata dan membuat taman semakin asri.



Kini seiring berkembangnya teknologi, relief taman tak harus diaplikasikan di taman yang luas dan megah. Taman sederhana dengan luas yang terbatas pun bisa dilengkapi dengan relief taman. Jika Anda ingin memiliki taman dengan relief seperti ini, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang relief taman.


Jasa Design Pembuatan Relief Taman Surabaya

1. Jenis Karakter Relief 

Ada beberapa karakter relief yang biasanya digunakan di taman. Ada relief jenis vertikal, horizontal, dan campuran. Ada juga yang desainnya seperti stalaktit di dalam gua. Biasanya, orang-orang lebih suka jenis desain campuran atau gabungan dari semua desain tersebut sehingga bentuk relief terkensan lebih natural. Untuk pembuatannya, proses harus dimulai dari penyesuaian antara rumah dengan bentuk tebing yang dibuat.

Jangan sampai Anda memiliki rumah dengan konsep modern minimalis namun memilih relief taman yang tradisional dengan bebatuan besar. Jika dilihat, tentunya desain relief tidak akan kohesif dengan tema dan bentuk rumah.

2. Kolam Ikan pada Relief Taman

Relief taman tak lengkap rasanya tanpa kolam ikan. Kolam ikan juga harus disesuaikan dengan desain relief sehingga semuanya terlihat kohesif. Pada saat pembuatan kolam ini, jangan lupa tambahkan filter kolam. Alat ini penting untuk membuat air dalam kolam selalu jernih dan menghindarkan kolam dari lumut.


Jangan lupa pula untuk menyesuaikan ukuran dan kedalaman kolam dengan jenis ikan yang nantinya akan dipelihara. Semakin besar ukuran ikan yang Anda pelihara, semakin dalam kolam yang harus Anda buat. Kolam harus dibuat dengan cara dicor atau diberi kerikil pada dasar kolam sehingga lebih kuat dan tidak mudah bocor.


3. Proses Pembuatan Relief Taman

Proses pembuatan relief taman harus memperhatikan beberapa hal seperti rangka tebing dan bahan pembuatannya. Rangka untuk bangunan tebing haruslah kuat dan disesuaikan dengan kondisi tanah. Semakin rapuh kondisi tanah, rangka harus lebih kuat. Rangka relief yang tidak kuat akan membuat bangunan cepat retak.

Baca : Tukang taman surabaya murah

Untuk bahan pembuatan relief tebing, gunakan bahan alami agar kesan natural tetap terpancar dari relief taman yang dibuat. Selain itu, jangan gunakan cat. Biarkan warna alami dari batu digunakan untuk membuat relief memberikan kesan natural. Jika memang harus menggunakan cat, gunakan cat dengan warna yang natural.


4. Pemilihan Tanaman untuk Sekitar Relief

Relief taman tidak akan lengkap tanpa adanya tanaman di sekitarnya. Pemilihan tanaman harus diperhatikan dengan baik-baik pula. Untuk tanaman di sekitar kolam, usahakan daunnya tidak mudah rontok dan mengotori kolam. Sebaliknya, gunakan tanaman yang daunnya menjuntai ke bawah agar kesan alami tebing tetap terlihat. Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak tanaman untuk menghiasi sekitar tebing dan kolam karena akan mengurangi kesan alami dari tebing.

Jika Anda berminat menambah estetika taman Anda dengan relief taman seperti ini, gunakan jasa pembuatan relief taman dari kami. Kami menerima design pembuatan relief taman dengan biaya yang terjangkau. Relief taman akan dikerjakan oleh tenaga profesional sehingga hasil reliefnya tidak akan mengecewakan Anda.

Artikel Terkait